Covid-19

Ada 80 Persen Virus Covid-19 di Indonesia Merupakan Varian Delta

Virus Corona Delta. (The Star)

batampos.id – Pemerintah terus menyelidiki dan menelusuri jenis varian Covid-19 yang ada di Indonesia. Caranya dengan menggunakan metode whole genome sequencing, semua varian virus akan terlacak.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan dari 5 ribu sample yang diuji, 80 persen varian Delta sudah menyebar di Indonesia. Ia meminta semua provinsi untuk waspada.

’’Penyebaran varian baru ini meningkatkan kemampuan penularan lebih tinggi dan gejala keparahan lebih tinggi. Kita harus selalu waspada, Indonesia harus mampu melacak dengan whole genome sequencing,” katanya secara daring, Rabu (18/8).

Menurutnya untuk mengantisipasi hal itu selain dengan protokol kesehatan 3M dan juga upaya pelacakan dengan 3T, maka juga harus dilakukan vaksinasi. Ia meminta sejumlah daerah paling dominan dengan varian Delta harus waspada dengan prokes ketat dan meningkatkan cakupan vaksinasi. ’’Dari 5 ribu, 80 persen adalah varian Delta. Provinsi harus waspada,” katanya.

Dan bagi povinsi-provinsi yang belum menemukan, kata dia, diharapkan meningkatkan kewaspadaan yang sama. Tingkatkan 3T dan lakukan pemeriksaan whole genome sequencing di laboratorium yang ditunjuk. ’’Sejauh ini vaksinasi yang tersedia masih bisa cegah infeksi varian Delta,” tegasnya. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim