Bintan-Pinang

Lantamal IV dan ITM Fasilitasi Warga Antigen Harga Rp 50 Ribu

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto langsung memantau proses antigen warga. f. peri

batampos.id– Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 RI dan HUT ke 75 Jalasenastri, Lantamal IV Tanjungpinang bersama relawan covid-19 dari Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri fasilitasi warga untuk melakukan tracing gratis dan rapid tes antigen dengan harga Rp 50 ribu.

BACA JUGA: Tingkatkan Isoter, Tracing, dan Vaksinasi

Kegiatan bakti sosial itu dilaksanakan di Lapangan Terbuka, Jalan Bakar Batu, Kilometer (Km) 2 yang berlangsung sejak 18-23 Agustus 2021, dimulai pukul 08.30 WIB hingga 12.00 WIB.

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan tim relawan covid-19 di Tanjungpinang menggelar tracing gratis dan menyediakan layanan rapid tes antigen murah seharga Rp 50 ribu untuk pelaku perjalanan menggunakan transportasi laut.

“Untuk membantu masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan jarak jauh, warga bisa menggunakan surat antigen yang dikeluarkan Dinkes Lantamal IV,” kata Indarto, Rabu (18/8).

Indarto menyebutkan, meskipun nantinya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperlonggar ataupun tidak diperpanjang pihaknya merencanakan layanan itu akan tetap dilajutkan di lokasi itu.

Warga mengikuti antigen murah yang ditaja oleh Lantamal IV dan ITM Kepri, f. Peri Irawan

“Karena antigen yang ada sekarang masih mahal, sehingga layanan ini akan kita adakan, untuk mengurangi beban calon penumpang,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Tim Relawan Covid-19 Tanjungpinang, Rudi Chua menjelaskan pihaknya sudah menyediakan 200 alat tes rapid tes antigen, jumlah itu disesuaikan dengan waktu yang kemampuan yang ada. Untung menghindari kerumunan pihaknya sudah menyediakan link untuk pendaftaran yang disebar petugas melalui media sosial. “Layanan ini tidak terlalu mahal, yang lebih mahal adalah persiapan tempat dan konsep lainnya,” tambahnya.

Ketua ITM Kepri Edianto berharap dengan kegiatan itu masyarakat yang akan melakukan perjalanan bisa terbantu dan orang yang kontak erat dengan pasien positif bisa ikut tracing dan mengetahui kondisi kesehatan. “Harapan terbesar kami agar covid-19 ini cepat terkontrol,” ujarnya. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul