Zetizen

Seni Menjual lewat Tulisan

Batampos.id – KALAU lagi belanja online, kamu pasti lebih suka sama online shop yang mencantumkan deskripsi produknya. Sebab, hal tersebut akan mempermudah kamu untuk meng­e­tahui detail produk yang hendak dibeli. Ternyata, deskripsi produk dan kalimat persuasif dalam sebuah iklan itu dibuat copywriter, lho! Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Seorang copywriter menulis konten kreatif untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Nggak cuman membuat tulisan persuasif untuk tujuan pemasaran, tetapi juga memberikan informasi dan membuat konten berita. Copywriter bertanggung jawab terhadap citra perusahaan karena memang tugasnya berkaitan langsung dengan publikasi.

’’Aku mulai belajar dan menulis copy kali pertama pada 2013. Awalnya aku mengira kalau copywriting itu ’hanya menulis’. Namun, setelah memutuskan untuk belajar lebih dalam, ternyata aku salah besar!” tutur Siauw Andreas Putra Wijaya, copywriter yang akrab disapa Andreas. Yaps! Pekerjaan copywriter nggak sesederhana itu!

Dalam menghasilkan sebuah tulisan, copywriter menghabiskan 80 persen waktunya untuk melakukan riset dan 20 persen untuk menulis. Apalagi, saat ini ketajaman copywriting nggak hanya ditentukan kata-kata ampuh seperti ”bonus”, ”gratis”, ”terbukti”, dan kata promosi lainnya. Nah, proses creative thinking inilah yang membuat copywriter bisa menerima penghasilan hingga puluhan juta per bulan.

Untuk menjadi seorang copywriter yang andal, dibutuhkan kemampuan menulis dan lihai merangkai kata. ’’Selain itu, penting untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris dan observasi. Kamu bisa mulai observasi target pasar, produk, hingga media yang ingin digunakan,” jelas copywriter asal Surabaya itu.

’’Menurutku, hal yang menjadi tantangan adalah menemukan ide untuk menulis copy. Biasanya, hal ini aku alami karena nggak tahu mau menulis buat siapa, bagaimana produk atau jasa yang ditawarkan itu bisa membantu target kita, dan media menulisnya. Nah, supaya nggak bingung, pastikan kamu mengerti siapa target pasar kamu,” tambah Andreas.

Di Indonesia, belum ada studi dan sertifikasi khusus untuk menjadi copywriter. Namun, dua hal itu nggak wajib dimiliki kok. Kamu bisa belajar copywriting dari mana dan siapa saja seperti dari YouTube atau mengikuti pelatihan menulis.

Semakin besarnya pengaruh sosial media, orang semakin sadar kalau mengembangkan bisnis mereka secara daring itu sangat penting. So, peran seorang copywriter akan sangat dibutuhkan. ’’Kamu nggak harus punya nilai bahasa Indonesia yang bagus untuk jadi copywriter kok, hehe. Seringlah berlatih menulis, bisa menulis di media sosial, menjual barang tertentu, menulis deskripsi, dan lainnya. Latihan adalah kuncinya!” pesan Andreas. Practice makes progress! (elv/c12/lai)

COPYWRITER menjadi salah satu pekerjaan yang sedang dicari banyak perusahaan. Sebab, copywriting dianggap efektif dalam menyampaikan pesan suatu brand. Semua bisa menjadi copywriter andal jika mau belajar. Berikut tips and trick untuk membuat sebuah copy yang menarik dan sesuai dengan produk kamu. Check this out! (elv/c12/lai)

 

Pastikan kamu memahami target audiens agar apa yang kamu tulis bisa tersampaikan dengan baik. Kamu bisa mulai dengan melakukan riset dari pencipta produk, audiens, dan kompetitor. Riset merupakan dasar dari copywriting karena ketajaman copywriting ditentukan relevansi target pasar kamu.

 

Penting untuk memahami dengan baik produk yang dijual. Jangan hanya fokus pada kelebihan produk, tetapi bagaimana produk tersebut bisa menyelesaikan masalah yang dimiliki pelanggan. Gunakan bahasa dan istilah yang sederhana agar mudah dipahami audiens.

 

Media copywriting adalah medan perang untuk menulis copy. Baik itu media cetak iklan, advertorial, penyiaran, poster, banner transportasi, media digital website, media sosial, video, e-mail marketing, maupun notifikasi aplikasi. Ingat, beda media, beda juga cara menulisnya. Seringlah observasi dan belajar bagaimana menulis copy di media tersebut.

 

“Mengenal Tugas Copywriter”

Reporter : Sonia Novi
Editor : Agnes Dhamayanti

COPYWRITING ialah seni menjual lewat tulisan. Nah, pelakunya adalah copywriter, tugasnya mempromosikan dan memasarkan sebuah produk atau jasa, lewat bentuk tulisan. Gunanya agar pembaca mudah digiring untuk membeli. Selain itu apa lagi ya? Yuk simak! (*)

F. Dok. Pribadi

Cut Wanda Monica
Institut Kesehatan Mitra Bunda Batam
@cutwandamonica

Saat pembaca mengalami kesulitan dalam memproses bahan bacaan, mereka akan mengalami emosi negatif. Emosi negatif itu, pada gilirannya akan disalahartikan kepada penulis, jadi penulis perlu menyederhanakan kembali seni menjual lewat tulisan, sehingga menarik. (*)

 

 

F. Dok. Pribadi

Ridho Satria
MA Bustanul Ulum
@ridhostriaa_

COPYWRITING adalah suatu metode pembuatan materi pemasaran yang mampu membujuk audiens di dalamnya guna melakukan berbagai tindakan yang memang kita inginkan, seperti membeli suatu produk ataupun layanan, berlangganan newsletter, menghubungi sales untuk minta penjelasan. (*)