Karimun

SPKKL TBK Bersama Warga Perbatasan Peringati Hari Kemerdekaan RI

SPKKL TBK Bersama Warga, Peringati Hari Kemerdekaan RI di Pulau Perbatasan f,SPKKL TBK

batampos.id – Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tanjung Balai Karimun melaksanakan upacara kenaikan bendera merah putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Kegiatan tersebut, dilaksanakan di pesisir pulau Karimun Anak yang berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia dan Singapura.

BACA JUGA: HUT RI, Pemuda Pancasila Bintan Utara Borong Rambutan, Bagikan Rambutan dan Masker ke Warga

Kepala SPKKL TBK Letkol Bakamla Slamet Handhi Rahadiyono mengatakan, bahwa pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi berjalan secara sederhana dengan penerapan protokol kesehatan bersama warga setempat. Antusias warga setempat untuk mengikuti upacara kenaikan bendera sangat tinggi, ini sebagai bentuk bukti nyata bahwa masyarakat yang berada diperbatasan juga memiliki jiwa nasionalisme yang cukup kuat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Alhamdulillah, merdeka-merdeka. Momentun ini sangat memberikan kesan kepada warga setempat. Mereka, dengan penuh semangat menyanyikan Indonesia Raya dengan mengangkat tangan kanan sebagai hormat kepada sang saka merah putih yang berkibar kokoh,” terang Slamet, Selasa (17/8/2021).

SPKKL TBK usai melaksanakan upacara bendera, membagi-bagikan bendera merah putih dan masker kepada warga setempat f,SPKKL TBK

Dikatakannya, momen-momen seperti ini merupakan bentuk bukti nyata bahwa masyarakat di perbatasan juga memiliki jiwa nasionalisme yang kuat terhadap NKRI. Selain warga setempat, turut hadir juga Rapala Tanjung Balai Karimun dan Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun (NTKK). Kemudian, autentikasi Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita.

Dalam kesempatan tersebut, usai melaksanakan upacara kenaikan bendera merah putih. Pihaknya, membagi-bagikan bendera merah putih dan masker kepada warga setempat yang berjumlah sekitar 13 kepala Keluarga (KK). Dengan menerjunkan enam personil SPKKL TBK.

”Sebagai penjaga laut Nusantara, pembinaan nasionalisme melalui upacara merupakan tugas Bakamla yang harus dilakukan. Agar masyarakat perbatasan turut serta dalam mempertahankan wilayah NKRI. Sehingga, dapat tercipta Indonesia yang aman, damai dan sejahtera,” ungkapnya.

Sementara itu Abu bin Munong salah satu warga yang dituakan di Karimun Anak sangat menyambut baik, apa yang dilakukan oleh SPKKL Tanjung Balai Karimun dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67. Walaupun, secara sederhana pelaksanaan upacaranya akan tetap sangat berarti bagi warganya.

”Saya sudah lama tinggal disini, tetap mencintai Indonesia Raya sebagai negara kesatuan yang tidak akan dilepaskan hingga sampai akhir hayat,” ucapnya.

Selain itu, di hari yang berbahagia ini saya mengajak warga untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M ( Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas), walaupun kita sedang menghadapi masalah pandemi Corona tapi kita harus tetap semangat dalam menjaga dan mempertahankan NKRI. ”Sekali merdeka tetap merdeka, cinta NKRI dan bendera merah putih tetap berkibar diperbatasan,” ungkapnya.(*)

Reporter : TRI HARYONIO
Editor : TUNGGUL