Covid-19

Seruan Protkes Berbuah Manis, Dua Kecamatan di Batam Nol Kasus Covid-19

Dua kecamatan di Batam kini jadi zona hijau yakni Bulang dan Galang. (Gugus Tugas untuk Batam Pos)

batampos.id – Seruan dan edukasi Pemerintah Kota (Pemko) Batam serta pihak-pihak lain agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan (protkes), kini menunjukkan hasilnya. Tercatat, dua kecamatan di Kota Batam yang sebelumnya berstatus zona kuning, kini berubah jadi zona hijau atau nol kasus Covid-19. Dua kecamatan tersebut berada di wilayah hinterland yakni Bulang dan Galang.

“Alhamdulillah, banyak pasien sembuh sehingga angka kasus juga menurun,” ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Kamis (19/8/2021).

Selain dua kecamatan berstatus zona hijau, dua kecamatan lain yakni Belakangpadang dan Batuampar kini juga berstatus zona kuning. Di Kecamatan Belakangpadang yang juga berada di hinterland, tercatat ada delapan pasien dirawat. Sedangkan di wilayah Batuampar yang berada di mainland, ada sembilan pasien dirawat.

“Satu kecamatan berstatus zona oranye yakni Nongsa. Tercatat, masih ada 13 pasien di wilayah ini,” tuturnya.

Sedangkan tujuh kecamatan sisanya, masih berstatus zona merah. Tercatat, hingga 19 Agustus 2021, jumlah pasien Covid-19 yang masih dirawat di Kota Batam hanya tersisa 495 pasien.

Keberhasilan menurunkan jumlah pasien Covid-19, sambung Amsakar, tak terlepas dari makin massifnya imbauan penerapan protkes kepada masyarakat. Bahkan, di lingkungan masyarakat sendiri, juga telah dibentuk ribuan posko PPKM yang ikut berperan menyosialisasikan protkes. Bagi warga yang tak patuh, pengurus posko maupun masyarakat lain akan menegur dan mengingatkan. Sehingga, perilaku masyarakat juga lambat laun berubah.

“Saya minta terus terapkan protkes 5M itu (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas). Insyaallah Kota Batam akan segera mencapai target zero (nol) kasus dalam waktu dekat ini,” harapnya.

Menurut Amsakar, pihaknya juga berupaya menguatkan 3T (tracing, testing, treatment) atau pelacakan, pengetesan dan perawatan, yang bertujuan untuk menekan jumlah kasus Covid-19. Selain itu, imbauan penerapan protkes juta tak boleh kendor.

“Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 juga kami gesa agar segera tercipta kekebalan komunal,” tutur Amsakar, yang sebelumnya juga mengikuti rakor virtual bersama Kemenko PMK dengan tema Penguatan Solidaritas dalam Penanganan Covid-19.

Aspek lain yang ditekankan adalah penguatan semua pihak untuk terus bersama menyelesaikan Covid-19. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo perihal Gerakan Solidaritas Nasional penanganan Covid-19. Sehingga, secara nasional kasus Covid-19 juga mengalami penurunan.

“Jangan kemudian data tersebut membuat kita abai. Mari tetap menjaga protkes agar kasus terus turun dan kalau bisa zero kasus,” harapnya. (*)

Reporter: Ratna Irtatik
Editor: Jamil