Metropolis

Tanah di Perumahan Pluto, Tanjunguncang Longsor, Warga Minta Pemerintah Memperbaiki

Ketua RW 05 Perumahan Pluto, Ali Amrin Siregar mengecek lokasi longsor

batampos.id-Warga Rukun Tetangga (RT) 05 di lingkungan Rukun Warga (RW) 05 perumahan Pluto, Tanjunguncang, Batuaji was-was dan resah dengan terjadinya longsor tebing di perumahan mereka, Jumat (20/8). Longsor ini sudah ada tiga hari yang lalu.

BACA JUGA: Longsor, Sejumlah Makam di TPU Kamboja Tanjunguban, Bergeser

“Awalnya dikit saja dikikis air. Lama-lama makin besar dan longsor,” ujar Ketua RW 05 Ali Amrin Siregar. Masih kata mantan RT dua periode ini, mereka sudah rapat sama perangkat dan warga untuk mencari solusinya. ”Awalnya kami mau menggali secara manual tetapi karena ada kedala takut makin longsor bisa memakan korban jiwa. Karena tebingnya tinggi. Ditambah lagi tanahnya ada yang keras bercampur bebatuan dimana alat kami tidak memadai,” tuturnya.

Masih kata asli Sibuhuan, Palas ini, ketinggian tebing mencapai 3 meter dimana pengerjaan ini harus menggunakan alat berat seperti beko. ”Kami berharap pihak Kelurahan dan Kecamatan bisa membantu kami,” harapnya. Karena kalau warga yang menanggung , tidak sanggup memakan biaya cupup tinggi.

Menurutnya, kondisi tanah longsor itu harus secepatnya diatasi karena longsornya baru beberapa meter. ”Sebelum melebar,” ujarnya. Sebenarnya, ujar dia, awalnya perbaikan drainase itu sudah dibawa ke musrembang, tapi karena biaya mahal akhirnya ditunda.

Awal longsornya tebing itu, ujarnya saat hujan deras, dimana drainase yang ada disana tak bisa menampung debit air, yang akhirnya air menggerus tanah dan terjadi longsor di lokasi RT 05/RW 05,tepatnya perbatasan parit besar antara perumamahan pluto dengan perumahan cipta 2. ”Kami minta pemerintah turun untuk melakukan perbaikan,” ujarnya. (*)

Reporter : Dalil Harahap
Editor : Tunggul