Bintan-Pinang

50 Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis dari LMS Tanjungpinang

Seorang ibu menenangkan anaknya yang ketakutan saat khitanan massal di Teluk Keriting, Minggu (22/8) . F Peri Irawan

batampos.id- 50 anak yang berdomisili Teluk Keriting RW 12, Kelurahan Tanjungpinang Barat mengikuti khitanan massal yang diadakan oleh Laskar Melayu Serumpun (LMS) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kota Tanjungpinang. Khitanan massal ini dinilai mampu membantu meringankan beban masyarakat sekitar terutama pada masa pandemi covid-19.

BACA JUGA: Baznas Bagikan Sembako & Khitanan Gratis

Ketua DPD-LMS Kota Tanjungpinang, Iwan Kusmawan menjelaskan sempena memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 pihaknya ingin berbuat sesuatu yang nyata dapat membantu masyarakat di Tanjungpinang. Pada khitanan massal kedua itu diikuti sekitar 50 orang anak yang tinggal Teluk Keriting. “Alhamdulillah antusias masyarakat begitu ramai mengikuti khitanan ini,” kata Iwan, Minggu (22/8).

Dalam pelaksanaanya kata Iwan, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan, 10 peserta yang akan dikhitan akan dipanggil ke dalam ruangan setiap satu jam, sehingga tidak terjadi kerumunan.

“Kita siapkan juga masker dan handsanitizer. Kita tidak mau timbul klaster baru dengan kegiatan ini,” ujarnya.

Iwan berharap kegiatan itu bisa berkelanjutan untuk ke depannya sehingga dapat membantu lebih banyak masyarakat Tanjungpinang. Karena kalau mengadakan khitanan secara mandiri warga harus mengeluarkan uang mencapai Rp 1 Juta.

“Target kita setiap satu bulan sekali mengadakan khitanan massal gratis ini agar tidak terjadi penumpukan,” sebutnya.

Sementara itu Ketua RW 12, Kelurahan Teluk Keriting, Abdullah Ibrahim mengaku sangat terbantu dengan kegiatan itu karena sangat meringankan beban masyarakat yang sudah merencanakan khitanan untuk anaknya.

“Alhamdulillah, mungkin ada keluarga kurang mampu yang merencanakan khitanan untuk anaknya sekarang sudah tercapai,” ujarnya. Abdullah mengakui khitanan massal gratis itu perdana dilakukan oleh organisasi masyarakat yang peduli dengan warga terlebih pada masa pandemi.

“Kami sangat terbantu, dengan kegiatan ini. Semoga nantinya ada lagi yang mengadakan di tempat kami ini,” harapnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul