Bintan-Pinang

Akhir November, Tiga Desa di Bintan Gelar Pilkades di Tengah Pandemi Covid-19, Termasuk Desa Sebong Lagoi

Kadis PMD Bintan, Ronny Kartika. F.Slamet Nofasusanto

batampos.id- Masyarakat tiga desa di Kabupaten Bintan akan melaksanakan pesta rakyat pada 23 November 2021 mendatang di tengah pandemi covid-19. Tiga desa tersebut ialah Desa Malang Rapat dan Desa Dendun. Kemudian Desa Sebong Lagoi yang akan melaksanakan pilkades pengganti antar waktu (PAW).

BACA JUGA: Pilkades di Lingga Sudah Selesai, Bintan dan Karimun Menyusul

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Ronny Kartika mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak dan PAW tahun 2021 sudah diatur dalam Surat Menteri Dalam Negeri Nomor. 141/4251/SJ, sedangkan tahapan pelaksanaan pilkades tertuang dalam Surat Wakil Bupati Bintan, Nomor. B/187/100/VIII/2021.

Terkait hal ini, Ronny mengatakan, telah membahas tindak lanjut tahapan pelaksanaan pilkades bersama camat, Pj kades, BPD, panitia pilkades serta unsur terkait.

“Secara teknis akan ada rakor lanjutan serta akan dibahas di forum pimpinan terkait pilkades masa covid 19,” ujar Ronny.

Dijelaskannya, tahapan pelaksanaan pilkades mulai 11 Oktober 2021. Namun, validasi data penduduk sudah dimulai 23 Agustus hingga 30 Agustus 2021.

Menurutnya, validasi data penduduk dilakukan jika terjadi penambahan calon pemilih pemula atau jika ada masyarakat yang pindah atau meninggal dunia. “Pleno penetapan daftar pemilih tetap dijadwalkan 30 Agustus 2021,” katanya.

Sementara untuk jadwal pemungutan suara, Ronny mengatakan, semula akan dilaksanakan 12 Oktober 2021, namun diundur menjadi 23 November 2021.

Ronny mengharapkan pelaksanaan pilkades dapat berjalan lancar dan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19 yang ketat. “Prokes harus dijalankan dengan ketat karena kepentingan masyarakat dan kesehatan masyarakat menjadi prioritas,” tukasnya. (*)

 

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul