Bintan-Pinang

Donor Darah Dapat Sembako atau Beras

Petugas mempersiapkan pendonor saat akan mendonorkan darahnya di Kantor PMI Kota Tanjungpinang, Senin (23/8) . F. Peri Irawan

batampos.id- Merayakan HUT ke 76  RI, Komunitas Pendonor Darah (Kopdar) Kepri membuka aksi donor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tanjungpinang selama tiga hari dengan target 500 kantong darah. Kegiatan dilaksanakan pada Senin (23/8), Rabu (25/8) dan Jumat (27/8) dimulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

BACA JUGA: Kegiatan Donor Darah di Vihara Budhi Bhakti Kumpulkan Lebih dari 100 Kantong Darah

Ketua Kopdar Kepri, Suryani menjelaskan kegiatan donor darah itu timbul atas kondisi yang memprihatinkan, banyak masyarakat atau keluarga pasien yang membutuhkan darah, bahkan hingga malam hari pihaknya dihubungi pihak yang membutuhkan darah.

“Dengan kondisi pandemi ini mungkin orang lupa bahwa ada saudara kita yang membutuhkan darah, makanya kami adakan acara donor darah,” kata Suryani, Senin (23/8).

Tidak hanya itu, dengan kegiatan itu Kata Suryani Kopdar Kepri juga bisa membantu para donatur yang mendonasikan beras ataupun kebutuhan pokok lainnya yang nantinya disalurkan kepada pendonor. “Jadi pendonor akan diberikan beras atau sembako setelah mengikuti donor darah,”ujarnya.

Suryani mengaku persiapan untuk donor darah tidak terlalu lama dan berhasil menarik dan dukungan dari berbagai pihak seperti Pemko dan DPRD Tanjungpinang, Pemprov Kepri dan Ketua PMI Kepri.

Setelah terkumpul akan disalurkan kepada rumah sakit yang ada, seperti RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) , RSUD Tanjungpinang dan RSAL dr. Midiyato Suratani. “Alhamdulillah bisa terlaksana, target kami 500 kantong darah, mohon doanya mudah-mudahan tercapai,” harapnya.

Ia berharap kepada keluarga pasien supaya tidak terlalu berharap donor darah dari orang lain, kalau bisa keluarga yang bersangkutan juga ikut mendonorkan darah walaupun golongannya berbeda karena bisa diberikan kepada orang lain. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul