Karimun

Masih Pandemi Covid, Pilkades Serentak di Karimun Diundur

batampos.id- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Karimun, resmi ditunda. Sebanyak delapan desa dari lima kecamatan yang menjalani Pilkades serentak tahun 2021 bakal digelar 21 Oktober mendatang.

BACA JUGA: Pilkades di Lingga Sudah Selesai, Bintan dan Karimun Menyusul

Ada pun 8 desa di 5 kecamatan yang akan menggelar Pilkades tahun 2021 yakni Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat, Desa Tanjunghutan Kecamatan Buru.

Selanjutnya Desa Parit Kecamatan Selat Gelam, Desa Telaga Tujuh Kecamatan Durai, Desa Tanjungkilang Kecamatan Durai, Desa Sugi Kecamatan Moro dan Desa Tanjungpelanduk Kecamatan Moro.

“Penundaan Pilkades serentak tertuang dalam surat Bupati Karimun nomor : 411/DPMD/155/08/2021. Selanjutnya, pelaksanaan dilanjutkan pada 21 Oktober 2021,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, Suwedi, S.Sos, M.Si , Senin (23/8/2021).

Penundaan pilkades serentak, kata Suwedi, karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Kepada panitia pelaksana maupun pendukung calon diimbau untuk tetap menerapkan prokes Covid-19 yang ketat.

“Ini point penting yang ditegaskan Bupati Karimun kepada para camat dan jajarannya.Artinya diimbau kepada semua pihak yang terlibat untuk bersama untuk sukses dan aman serta lancarnya pelaksaan pilkades serentak ini dengan menerapkan prokes yang ketat,” tegas Suwedi.

Salah seorang kandidat Pilkades Sugie, Mawasi memahami penundaan tersebut. Di sisi lain, dirinya memiliki waktu untuk lebih optimal menyiapkan diri sebelum bertarung.

“Kami paham penundaan ini, karena pandemi Covid masih tinggi di Kabupaten Karimun. Di sisi lain, kami pun memiliki waktu lebih untuk menyiapkan diri secara optimal,” tegas Mawasi. (*)

Reporter: Ichwanul f
editor: tunggul