Karimun

Petugas Gabungan Karimun Periksa Penumpang dari Jakarta

Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Binsar Samosir menemui penumpang dari jakarta yang turun di Karimun menggunakan KM Kelud dalam rangka pemeriksaan dokumen perjalanan bebas Covid-19. f.sandi

batampos.id- Petugas Gabungan yang berasal dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun terdiri dari Sat Polairud Polres Karimun, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Lanal Tanjungbalai Karimun, Minggu (22/8) melakukan pemeriksaan dokumen kelengkapan bebas Covid-19 terhadap penumpang yang baru datang dari Jakarta.

BACA JUGA: Lanal Karimun Temukan Tiga Kapal Jaring Hanyut

”Penumpang yang datang dari Jakarta dan turun di Tanjungbalai Karimun ini menggunakan Kapal Pelni, KM Kelud jumlahnya 487 orang. Pemeriksaan dokumen bebas Covid-19 yang kita lakukan ini tidak lain untuk memastikan bahwa persyaratan perjalanan penumpang dalam negeri (PPDN) antarprovinsi harus lengkap,” ujar Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Binsar Samosir.

Selain itu, lanjutnya, melalui pemeriksaan ini bisa mencegah penyebaran COvid-19 di Kabupaten Karimun yang sampai hari ini masih ditemukan adanya kasus positif. Hasil pemeriksaan yang dilakukan sampai sore hari tersebut diketahui, semua penumpang melengkapi dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat PPDN. Apalagi, diketahui, sebagian besar penumpang yang turun akan bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) jaring ikan dan cumi.

”Dokumen bebas Covid-19 yang dibawa oleh sebagian besar penumpang yang datang dari Jakarta tersebut menggunakan rapid antigent dan di dalamnya dinyatakan negatif. Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara bersamaan dan akan melibatkan instansi terkait. Bahkan, tridak hanya di darat dilakukan, termasuk juga akan di lakukan di pesisir pantai. Khususnya, penumpang yang datang dari luar daerah ke Karimun melalui pinggir pantai,” jelasnya.(*)

Reporter: Sandi
editor: tunggul