Kepri

Asnah , Isdianto, dan Husnizar Hood Bersaing Berebut Kursi Ketua DPD Demokrat Kepri

Renanda Bachtar didampingi Plt Ketua DPC Karimun, Osco Olfriady Letunggamu

batampos.id – DPD Partai Demokrat Provinsi Kepri akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) guna melanjutkan estafet kepemimpinan di DPD Partai Demokrat Kepri. Musda yang tersebut rencananya akan digelar pada Sabtu 4 September 2021 mendatang.

BACA JUGA: Demokrat Minta Jokowi Jadi Teladan Masyarakat soal Prokes

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Kepri, Renanda Bachtar mengatakan sejumlah persiapan sudah dilakukan guna suksesi Musda itu, diantaranya sudah menunjuk Ketua SC (Steering Commite) dan Ketua OC (Organizing Commite), serta sudah melakukan koordinasi dengan kedua komponen panitia itu.

“Kami sudah menunjuk pak Husnizar Hood sebagai Ketua SC dan Harlianto sebagai Ketua OC,” ungkap Renanda Bachtar didampingi oleh Plt Ketua DPC Karimun, Osco Olfriady Letunggamu ke awak media, Selasa (24/8/2021) di Restoran Hotel Harmoni Nagoya, Batam.

Renanda mengatakan ada 3 calon yang sudah memenuhi syarat dukungan 20 persen untuk maju sebagai Calon Ketua Demokrat Kepri, yakni Isdianto, Husnizar Hood, dan Asnah. Dimana ketiga nama itu sudah mengantongi dukungan, seperti Isdianto didukung oleh Lingga dan Batam. Kemudian Husnizar Hood didukung oleh DPC Bintan dan Tanjungpinang serta Asnah didukung oleh Anambas dan Natuna.

“Tiga kandidat yang sudah memenuhi syarat dukungan, dan ketiganya nanti akan direkomendasikan oleh peserta Musda ke DPP untuk dilakukan fit and proper test sebelum ditetapkan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kepri,” terang Renanda.

Lebih lanjut Renanda mengatakan untuk pemegang hak suara Plt Ketua Karimun dan Plt Ketua DPD Kepri sepakat tidak memberikan hak suara demi membatasi jumlah kandidat dan netralitas.

Dijelaskannya bahwa Musda kali ini berbeda dari sebelumnya, karena hasil Musda hanya akan merekomendasikan tiga nama ke DPP, dan tim penguji yang terdiri dari Ketua Umum, Sekjen dan DPP OKK akan melakukan pengkajian dari berbagai aspek, dan terakhir akan menentukan siapa yang paling layak sebagai Ketua DPD Demokrat Kepri.

“Tim penguji DPP telah mempersiapkan materi uji, termasuk 10 program utama partai. Sehingga penguji didasarkan kemampuan meyakinkan penguji,” ungkap Wasekjen DPP Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Plt Ketua DPC Karimun, Osco Olfriady Letunggamu menambahkan bahwa salah satu warna baru kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah terobosan Musda, dimana keterpilihan Ketua DPD tidak sepenuhnya diserahkan ke peserta Musda tetapi melibatkan peran DPP guna menilai calon memiliki kapabilitas dan kredibilitas.

Hal lainnya, bahwa kepemimpinan AHY tidak hanya mengandalkan ketokohan dan figur tapi sebuah kerja bersama untuk kemajuan partai melalui program utama partai yang sudah dikonsep dari DPP.

Terakhir, bahwa ada culture baru kita tidak mau mendahului pimpinan. “Satu komando, dan itulah mengilhami Musda mengacu pada putusan DPP,” ujar Osco. (*)

Reporter: Iman W
editor: tunggul