Nasional

DPR Minta AN Ditunda Hingga Daerah Berada di PPKM Level 1

ILUSTRASI: Pelajar melaksanakan ujian (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

batampos.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berencana menyelenggarakan Asesmen Nasional (AN) pada bulan September 2021. Akan tetapi persiapan tersebut masih minim.

Adapun dalam kebijakan terbaru terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), satuan pendidikan di kawasan level 4 diminta untuk dapat melaksanakan kegiatan simulasi AN mulai dari 24 Agustus hingga 2 September 2021.

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengatakan sebaiknya penyelenggaraan AN disesuaikan dengan kondisi pandemi. Oleh karenanya, baiknya AN ditunda hingga kondisi pandemi mereda hingga pada level terendah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Tunggu sampai level satu, pandeminya tunggu sampai pada level rendah,” ungkap dia dalam siaran YouTube Vox Populi Institute Indonesia dikutip, Rabu (25/8).

Menurutnya, AN di tengah pandemi memanh tidak akan efektif. “Jadi sedapat mungkin ditunda kembali, apalagi dalam situasi pandemi tidak optimal lah AN ini dilaksanakan,” tuturnya.

“Sambil kita lihat juga ini kajian akademisnya mana, seberapa jauh nanti AN ini bisa menjawab kebutuhan kita. Jadi jangan egois, lihat kanan kiri, banyak baca, tanya ahlinya, tanya senior. Ini kebijakan nasional yang bisa ditunda dulu,” pungkasnya. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim