Bintan-Pinang

Sering Dilempari Anak-anak, Petugas Damkar Tanjunguban Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Lobam

Petugas Damkar Tanjunguban mengevakuasi sarang tawon vespa di proyek pembangunan Masjid Nurul Istiqomah, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Rabu (25/8) siang. F.Slamet Nofasusanto

batampos.id- Warga Perum Lobam Bestari khawatir tawon vespa yang membuat sarang di proyek pembangunan Masjid Nurul Istiqomah, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam bakal mengancam keselamatan anak-anak di sekitarnya.

BACA JUGA: Khawatir Nyengat Anak-Anak Bermain, Sarang Tawon Vespa di Desa Lancang Kuning, Tanjunguban Dievakuasi Damkar Tanjunguban 

“Warga minta sarang tawon vespa dibuang karena mengancam keselamatan anak-anak yang bermain di sekitarnya. Soalnya, ada anak-anak yang bermain dengan melempari sarang tawon vespa,” ungkap Kepala UPT Damkar Tanjunguban, Marsadi melalui Kasubbag TU, Panyodi di sela-sela evakuasi sarang tawon vespa, Rabu (25/8) siang.

Panyodi mengatakan, setelah menerima laporan keberadaan sarang tawon, petugas Damkar langsung bergerak ke lokasi.

Pengamatan di lokasi, menurut Panyodi, sepertinya tawon vespa membuat sarang di bangunan masjid karena tidak ada kegiatan di sana.

Evakuasi tawon vespa diawali dengan menyemprotkan cairan pertalite ke sarang tawon vespa. Kemudian petugas dengan menggenakan seragam khusus memasukkan sarang tawon ke dalam karung.

Setelah memastikan tawon di dalam sarang mati, petugas kemudian membuang karung berisi sarang dan tawon ke tempat pembuangan sampah.

Dia mengimbau kepada masyarakat kalau melihat hewan liar yang berbahaya seperti ular, tawon, lebah atau anjing liar bisa menghubungi Damkar Tanjunguban dengan nomor 07714651295. “Kita siap siaga membantu mengevakuasi hewan liar yang berbahaya,” tukasnya. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul