Internasional

Wapres AS Resmikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Asia Tenggara di Hanoi

Wakil Presiden AS, Kamala D Harris (F Official White House Photo by Lawrence Jackson for Batam Pos via US-Asia Pacific Media Hub)

batampos.id – Usai berkunjung ke Singapura, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala D Harris bertolak ke Hanoi, Vietnam, untuk kembali melanjutkan kunjungan kenegaraan. Di sana, Harris akan meresmikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) cabang Asia Tenggara, Rabu (25/8/2021) sore nanti.

Rencananya, Peresmian ini akan dihadiri Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS dan Vietnam, Direktur CDC AS Dokter Mitchell Wolfe, Direktur CDC Regional Asia Tenggara Dokter John McArthur, dan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Kesehatan dari beberapa negara ASEAN dan Asia-Pacific.

Dalam peresmian ini, AS melibatkan diri dalam keamanan kesehatan di Asia Tenggara sebagai bagian dari kemitraan mereka dengan para pemimpin Asia Tenggara guna meningkatkan kapasitas regional untuk mencegah, mendeteksi, dan menanggapi penyakit menular dan ancaman kesehatan lain yang muncul.

Gedung Putih mengungkapkan, ada pun prioritas untuk kantor regional Asia Tenggara yang baru ini, termasuk membangun tenaga kesehatan masyarakat masa depan, memperluas pelatihan laboratorium kesehatan masyarakat regional, mengembangkan program-program inovatif untuk meningkatkan kesehatan bagi populasi mobile dan migran, serta memastikan respons terkoordinasi terhadap keadaan darurat kesehatan masyarakat melalui Jaringan Pusat Operasi Darurat, dan memperkuat sistem peringatan untuk deteksi zoonosis dan penyakit menular yang muncul. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung