Nasional

Ini Datanya, Kasus Covid-19 Harian RI lebih Rendah dari Negara Lain

Menkeu Sri Mulyani Indrawati (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

batampos.id – Pemerintah menyebut, kasus harian Covid-19 dalam sepekan terakhir cenderung lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, kasus harian Covid-19 Indonesia yang sebesar 16.800 masih dibawah negara tetangga.

“Daftar 10 negara dengan kasus Covid-19 harian dengan rata-rata tertinggi adalah Amerika Serikat (AS), Iran, Inggris, India, Jepang, Brasil, Malaysia, Prancis, Rusia, dan Thailand. Kasus harian di Thailand 19.800,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (25/8) kemarin.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan kasus Covid-19 per 1 juta penduduk, angka kasus di Indonesia juga lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. “Malaysia 654 yang terkena per 1 juta. Iran dan Inggris di atas 400. Indonesia kasus hariannya 61 per 1 juta populasi. Ini jauh di bawah negara seperti Malaysia dan Thailand,” ungkapnya.

Namun, ia mengakui bahwa kasus kematian kematian Covid-19 di Indonesia cenderung masih tinggi, “Masih tinggi, meski bukan yang tertinggi di dunia. Di AS 446 ribu manusia meninggal, di India 574 ribu, Brasil 453 ribu. Indonesia ada di ranking 9 dengan 127.200 yang meninggal,” imbuhnya.

Sri Mulyani menyebut, jika dilihat dari perkembangan situasi pandemi Covid-19 di dunia, Indonesia dapat dikatakan berhasil dalam melakukan pengendalian. Penularan varian Delta di Indonesia dapat ditekan saat negara lain mengalami lonjakan yang sangat besar.

Namun demikian, bukan berarti Indonesia dapat berpuas hati. Disiplin penerapan protokol kesehatan Covid-19 tetap harus dilakukan.

“Vaksinasi juga merupakan suatu harapan agar kesehatan dan keamanan rakyat bisa ditingkatkan,” pungkasnya. (*)

Sumber : JP Group
Editor : Jamil Qasim