Total Football

Singkirkan Dinamo Zagreb, Sheriff Tiraspol Melaju ke Fase Grup

Selebrasi pemain dan ofisial Sheriff Tiraspol usai memastikan lolos ke fase grup Liga Champions musim 2021/2022. (F. RemoNews).

batampos.id – Kejutan besar terjadi di playoff Liga Champions, Kamis (26/8) WIB. Klub asal Moldova, Sheriff Tiraspol berhasil melaju ke fase grup setelah mengandaskan perlawanan raksasa Kroasia, Dinamo Zagreb.

Sheriff sukses menyingkirkan Dinamo Zagreb lewat agregat 3-0 di final play-off. Mereka menahan imbang raksasa Kroasia tersebut 0-0 di leg kedua yang digelar di Stadion Maksimir, Kamis (26/8) dini hari WIB tadi.

Sheriff Tiraspol mengukir sejarah dengan menjadi klub Moldova pertama yang memastikan diri berlaga di ajang Liga Champions. Meski demikian perjuangan Sheriff menembus fase grup Liga Champions tak main-main.

Klub yang bermarkas di Tiraspol itu berjuang sedari kualifikasi pertama dengan menyingkirkan wakil Albania Teuta Durres lewat agregat 5-0. Sheriff kemudian menyisihkan wakil Armenia Alashkert di kualifikasi kedua dengan agregat 4-1.

BACA JUGA: Tuchel Optimis Chelsea Raih Juara Liga Champions

Selanjutnya Sheriff mengandaskan perlawanan Red Star Belgrade di kualifikasi ketiga dengan agregat 2-1. Terakhir mendepak Dinamo lewat agregat 3-0 di final play-off.

Di kesempatan lain, FC Salzburg mengamankan satu tiket ke fase grup setelah menjungkalkan Brondby IF dengan agregat 4-2. Raksasa Austria itu memastikan tempatnya seusai menang 2-1 di dua pertemuannya melawan wakil Denmark tersebut.

Sementara itu, AS Monaco terpaksa tersingkir secara dramatis melawan Shakhtar Donetsk karena kalah agregat. Setelah takluk 1-0 di pertemuan pertama, Monaco kemudian unggul dua bola berkat brace Wissam Ben Yedder di babak pertama yang digelar di Kharkiv semalam, namun gol Marlos pada menit ke-74 memaksa duel ini dilanjutkan ke babak tambahan.

Di momen krusial, pemain pengganti Ruben Aguilar justru melakukan gol bunuh diri di menit ke-114 dan itu membuyarkan mimpi Monaco untuk berlaga di ajang Liga Champions musim 2021/22.

Tak cuma sampai di situ, Monaco arahan Niko Kovac untuk saat ini dalam laju buruk lantaran gagal menang di empat pertandingan terakhirnya di semua kompetisi, bahkan mereka menelan tiga kekalahan.

Adapun Sheriff, Salzburg dan Shakhtar menyusul pencapaian Young Boys, Malmo dan Benfica yang di hari sebelumnya mengamankan kelolosan ke babak gugur. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo