Metropolis

Pak Kepala BP Batam Lantik 297 Pejabat Baru

 

batampos.id – Posisi personel di Badan Pengusahaan (BP) Batam berubah, Jumat (27/8/2021). Perombakan ini untuk mengikuti ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41/2021 tentang Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) dan Undang-Undang Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja.

“Pelantikan kali ini, selesaikan PP 41 dan UU 11/2020. Karena disitu ada Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru yang harus kami selesaikan. Kebetulan minggu lalu sudah selesai, maka saya bisa lantik,” kata Kepala BP Batam, Muhammad Rudi usai acara pelantikan.

Pegawai BP Batam seusai dilantik.
foto: Rifki Setiawan / Batam Pos

Rudi mengungkapkan ada fungsi baru pelimpahan wewenang dari pusat ke daerah, yang harus dilaksanakan BP Batam. “Kalau tidak dilantik, maka tidak bisa kerja, karena kewenangannya di saya. Jadi sekarang mereka bisa layani,” tuturnya.

“Misalnya, izin di pelabuhan, di kita belum jalan, ada juga reklamasi dan lain-lain. Makanya Senin nanti, pejabat yang dilantik bisa bergerak, sehingga Sabtu dan Minggu ini sudah harus siapkan ruangnya masing-masing,” jelasnya.

Pegawai BP Batam seusai dilantik. (istimewa)

Perombakan paling mendasar yakni di bandara, pelabuhan, infrastruktur dan rumah sakit. Rudi yakin kalau empat sektor ini dibenahi, maka capaian investasi akan meningkat.

“Perombakan sangat mendasar itu di pelabuhan. Karena banyak komplain, maka tarif tidak turun-turun. Makanya itu (dirombak), dan segera Peraturan Kepala (Perka) baru akan keluar mengenai itu. Kita boleh coba, kalau belum dicoba belum tahu, ” ujarnya.

Adapun pelantikan pejabat baru yang dilantik Rudi sebanyak 297 pejabat eselon II hingga IV dan pejabat managerial badan usaha yang dipromosikan.

Pejabat eselon II sampai IV yang dipromosikan terdiri dari 19 orang tingkat II, 55 orang tingkat III dan 117 orang tingkat IV.

Pejabat managerial badan usaha yang dipromosikan terdiri dari 5 orang direktur, 2 orang wakil direktur, 8 orang general manager, 2 orang kepala satuan, 28 orang manager dan 61 orang asisten manager.

Pergantian tersebut termasuk pergantian Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol yang kini dijabat oleh Ariastuty Sirait yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Promosi.

Lalu, Kepala Biro Humas sebelumnya, Dendi Gustinandar menjabat sebagai Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam menggantikan Nelson Idris.

Selain itu, ada juga penambahan unit baru. Unit baru tersebut yakni di kantor air BP Batam. Mengingat proses lelang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam yang terdiri dari hulu dan hilir, maka sekarang ada dua jabatan baru yakni General Manager (GM) SPAM hulu yang dijabat Hadjad Widagdo dan GM SPAM hilir yang dijabat Ibrahim.

Lalu, di Bandara Hang Nadim. Mengingat bandara sedang difokuskan kepada penataan logistik, maka Benny Syahroni menjabat sebagai GM Logistik dan Aerocity Bandara Hang Nadim. Sementara GM Bandara Hang Nadim dijabat B. Soepriono.

Selanjutnya, Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal dijabat Denny Tondano, serta Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dijabat Harlas Buana.

 

Reporter : Rifki Setiawan