Politika

PPP Sebut Bergabungnya PAN di Koalisi Jokowi Bisa Memperkuat Kekuatan Pemerintah

Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi (Istimewa)

batampos.id – Partai Amanat Nasional (PAN) resmi bergabung dengan koalisi partai pendukung Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin. Dengan masuknya PAN menambah deretan partai-partai politik yang menjadi bagian dari pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi mengatakan kehadiran PAN dalam koalisi pemerintah akan memperkuat kebersamaan kekuatan politik. Yaitu dalam melakukan kerja-kerja politik saat pandemi Covid-19.

“Masuknya kekuatan politik baru atau siapapun itu untuk memperkuat kebersamaan seluruh kekuatan politik atau komponen bangsa di dalam melakukan kerja-kerja di masa pandemi Covid-19 ini dan kerja-kerja pemulihan ekonomi nasional,” ujar Arwani kepada wartawan, Jumat (27/8).

Mengenai PAN akan mendapat jatah menteri di kabinet, Arwani mengaku tidak memikirkannya. Bagi partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin saat ini sudah saatnya koalisi pemerintah solid. Karena tugas-tugas pemerintah sangatlah berat saat pandemi Covid-19 ini.

“Yang kita pikirkan bagaimana mengkonsolidasikan semua kekuatan untuk kerja-kerja penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Jadi semangat kebersamaan, semangat persatuan menjadi poin penting bagi kita,” katanya.

Arwani menegaskan, saat pertemuan antara Presiden Jokowi dengan elite partat politik juga tidak ada pembahasan perombakan kabinet saat PAN bergabung dengan koalisi. Masuknya PAN, menurut Arwani untuk mengkonsolidasikan kekuatan pemerintah. “Di pertemuan itu tidak ada membahas soal (reshuffle-Red) itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate menyebut PAN telah resmi bergabung dengan koalisi pemerintahan. Hadirnya PAN akan menambah gagasan dan ide bagi pemerintah.

“Sahabat baru kami dalam koalisi (PAN-Red) maka semakin memperkuat dan memperkaya gagasan dan pandangan serta ide-ide baru dalam rangka melanjutkan pemerintahan dan mengisi demokrasi Indonesia,” ujar Johnny.

Johnny menuturkan semua ketua umum partai politik pendukung pemerintah menyambut baik bergabungnya PAN ke dalam pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin.

“Kita berharap setelah PAN bergabung (ke koalisi pemerintah-Red) semakin banyak gagasan yang beragam bagi jalannya pemerintahan,” katanya. Johnny menuturkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan siap memberikan masukan-masukan yang diperlukan bagi pemerintah. (*)

Sumber : JP Group
Editor : Jamil Qasim