Bintan-Pinang

Warga Minta Pembangunan Masjid Nurul Istiqomah, Lobam Bestari Dilanjutkan

Kondisi terakhir pembangunan tahap pertama Masjid Nurul Istiqomah di Perumahan Lobam Bestari, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, yang dikerjakan tahun 2020 lalu, Jumat (27/8). F.Slamet Nofasusanto

batampos.id- Pembangunan Masjid Nurul Istiqomah di Perumahan Lobam Bestari, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan, direncanakan akan dilanjutkan, tahun ini. Namun, sampai saat ini belum terlihat pekerjaan lanjutan pembangunan masjid.

BACA JUGA: Kontraktor Pembangunan Masjid Raya Nur Ilahi, Dompak, Desak Pemprov Kepri Bayar Utang Rp 8 Miliar

“Belum (ada pekerjaan), memang pelaksanaan kegiatan dalam APBD murni sampai Desember,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bintan, Mirwan.

Mirwan mengatakan, pemerintah daerah mestinya memiliki skala prioritas dalam percepatan pembangunan, apalagi pembangunan fasilitas umum yang diperlukan pemanfaatannya oleh masyarakat.

Mirwan membandingkan pekerjaan pembangunan lanjutan masjid di Bintan Buyu, yang telah dimulai, sementara tempat ibadah itu belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara, sambungnya, pembangunan lanjutan Masjid Nurul Istiqomah di Perumahan Lobam Bestari, yang jelas rutin dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan keagamaan malah belum dimulai pekerjaanya.

Untuk itu, Mirwan meminta pemerintah menyegerakan pembangunan lanjutan Masjid Nurul Istiqomah di Perumahan Lobam Bestari.

“Ya agar bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat, karena bangunan lama sudah dirobohkan,” pintanya.

Politisi NasDem Bintan ini mengatakan, untuk pembangunan lanjutan Masjid Nurul Istiqomah telah dianggarkan dalam APBD tahun 2021 sekira Rp 1 miliar. Alokasi anggaran ini lebih kurang sama dengan anggaran pembangunan masjid tahap pertama tahun 2020 sekira Rp 1 miliar.

Dalam pekerjaan pembangunan lanjutan, menurutnya, masih berkonsentrasi pada pembangunan tiang dan pondasi. Kemudian, pekerjaan lanjutan pembangunan masjid tahun 2021 tidak ditenderkan. “Tidak ditenderkan, swakelola,” katanya.

Kasi Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman pada Dinas Perkim Kabupaten Bintan, Warsito mengatakan, tahun anggaran 2021, Dinas Perkim tidak mengalokasikan anggaran untuk pembangunan lanjutan masjid di Perumahan Lobam Bestari.

Informasi diterima Perkim Bintan, alokasi anggaran untuk pekerjaan lanjutan pembangunan masjid di Perumahan Lobam Bestari terdapat di bagian Kesra. “Sekira Rp 1 miliar, informasi yang kita terima anggaran di Kesra,” katanya.

Namun, pria yang akrab disapa Wiwit mengatakan, Dinas Perkim akan mengusulkan dalam rencana belanja tahun 2022 untuk pembangunan lanjutan sekira Rp 1 miliar.

“Total anggaran pembangunan sampai selesai sesuai DED-nya sekira Rp 6,5 miliar. Tahun depan kita masukkan dalam rencana belanja tahun 2022,” imbuhnya. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul