Sport

Petakan Kesiapan, KONI Kepri Gelar Pembekalan Atlet dan Pelatih

Atlet cabor futsal tengah menjalani program Pembekalan Atlet dan Pelatih yang digelar KONI Kepri di Hotel Beverly, Jumat (27/8). (F. Ryan Agung/Batam Pos)

batampos.id – KONI Kepri menggelar kegiatan bertajuk Pembekalan Atlet dan Pelatih, di Hotel Beverly, Batam. Kegiatan ini digelar selama 27 hingga 29 Agustus mendatang.

Ketua Umum KONI Kepri Usep RS menjelaskan event ini digelar untuk melihat kesiapan kontingen Kepri menghadapi PON Papua. “Kegiatan ini untuk melihat sejauh mana kesiapan kontingen. baik itu dari atlet maupun pelatih,” tegas Usep, Jumat (27/8).

Ia berharap Kepri bisa mengulang atau bahkan memperbaiki prestasi sebagaimana yang diraih dalam PON Jawa Barat lalu. “Keberangkatan kontingen Kepri ke Papua bukan sekadar jalan-jalan atau pelesir, tetapi untuk meraih prestasi,” tambah Usep.

Selain itu, Usep berharap melalui program pembekalan ini bisa menjadi bekal dan database KONI Kepri. “Tak hanya saat ini, tetapi juga di masa mendatang,” paparnya.

Melalui program pembekalan, Usep berharap akan bermunculan cabor-cabor yang mampu mendulang medali bagi Kepri. “Selain layar, diharapkan melalui pembekalan akan bermunculan cabang olahraga (cabor) lain yang menjadi lumbung medali bagi Kepri di masa mendatang,” harapnya.

Usep menerangkan jika selama ini atlet cabor lolos PON telah menjalani pemusatan latihan mandiri. Melalui pembekalan, KONI Kepri bisa memetakan capaian pelatihan yang dilaksanakan pengprov cabor lolos PON.

BACA JUGA: Komisi IV Beri Waktu 30 Hari KONI Kepri Gelar Rapat Koordinasi

“PON Papua tinggal 34 hari lagi karenanya ini merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh KONI Kepri. Terutama untuk melihat sejauhmana atlet mengimplementasikan latihan yang telah dijalani selama ini,” kata Usep.

Ia juga mengatakan jika mental atlet yang akan bertanding di PON Papua menjadi fokus pembekalan ini. Instruktur yang didatangkan khusus oleh KONI Kepri akan melihat kesiapan atlet baik itu secara fisik maupun psikologis sehingga siap bertanding secara maksimal di Papua.

Atlet cabor layar tengah menjalani program Pembekalan Atlet dan Pelatih yang digelar KONI Kepri di Hotel Beverly, Jumat (27/8). (F. Ryan Agung/Batam Pos)

“16 cabor lolos PON Papua akan menjalani pembekalan. Sedang untuk hari Jumat (27/8) difokuskan pada cabor yang berasal dari Batam. Sisanya akan dilaksanakan kesokan harinya (Sabtu, 28/8),” beber Usep.

Sementara itu, Ketua Bidang penelitian dan Pengembangan KONI Kepri Azhari mengatakan, pembekalan atlet dan pelatih bukan sebagai program evaluasi pelatian mandiri yang dilakukan pengprov cabor lolos PON.

“Melainkan untuk memetakan sejauh mana kesiapan atlet dan pelatih menyongsong PON Papua. KONI Kepri hanya mengambil data existing atlet yang akan bertanding di PON Papua,” jelasnya.

Azhari menambahkan jika instruktur yang didatangkan oleh KONI Kepri nantinya akan mengambil data atlet secara akademik. Data atlet ini nantinya akan menjadi data empiris dalam membangun atlet yang berprestasi di masa mendatang.

Selain itu, tambah Azhari, KONI Kepri juga menyiapkan program pembangunan motivasi dan konseling atlet. “Sehingga atlet yang mempunya keluhan psikologis bisa mengutarakan permasalahannya di sesi konseling.

“Ini dimaksudkan agar atlet Kepri siap bertanding dan berprestasi secara maksimal di PON Papua,” tegas Azhari.

Pembekalan atlet dan pelatih Kontingen Kepri ini akan ditutup dengan pelepasan secara resmi oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Rencananya, Gubernur akan melepas secara langsung Kontingen Kepri, Minggu (29/8) di Hotel Beverly, Batam. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo