Covid-19

Kasus Terus Menurun, Kecamatan Batuampar Bebas Pasien Covid-19

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam saat acara pengarahan terkait penanganan Covid-19 di Kota Batam, beberapa waktu lalu. (Humas Pemko untuk Batam Pos)

batampos.id – Upaya semua pihak untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Batam menunjukkan hasil yang baik. Data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam hingga Minggu (29/8/2021), tercatat jumlah pasien Covid-19 tersisa 269 orang yang dirawat. Padahal, pada Jumat (27/8/2021) lalu, pasien yang dirawat sebanyak 289 orang.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, penurunan jumlah kasus itu juga dibarengi dengan adanya kecamatan di wilayah mainland (perkotaan) yang berstatus zona hijau alias bebas kasus Covid-19.

“Sebelumnya yang sudah masuk zona hijau itu di hinterland (pulau penyangga) yakni Bulang dan Galang. Kita bersyukur kecamatan di mainland yaitu Batuampar juga berangsur jadi zona hijau,” ujar Rudi, Minggu (29/8/2021).

Status kasus Covid-19 di beberapa kecamatan lain juga mengalami perubahan. Misalnya, di Kecamatan Belakangpadang dan Nongsa kini berstatus zona kuning dari sebelumnya zona oranye. Sedangkan tujuh kecamatan lainnya, masih berstatus zona merah.

Namun, jika dilihat berdasarkan sebaran kasus di masing-masing kelurahan, kini tersisa satu kelurahan yang berstatus zona merah. Yakni, Kelurahan Belian di Kecamatan Batam Kota. Sisanya berstatus zona kuning, oranye, dan zona hijau.

Karena itu, Wali Kota menekankan agar masyarakat terus patuh dengan anjuran pemerintah yakni menerapkan protokol kesehatan (protkes) pencegahan Covid-19.

“Terus terapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas (protkes 5M),” katanya.

Rudi mengungkapkan, penanganan Covid-19 di Batam merupakan jerih payah semua pihak. Baik itu tenaga kesehatan (nakes), pemerintah, aparat keamanan, pengusaha, hingga seluruh masyarakat Kota Batam yang ikut aktif menekan penyebaran Covid-19.

“Jika kasus Covid-19 terus menurun, kita berharap wabah ini segera berakhir,” katanya.

Hingga 29 Agustus 2021, tercatat jumlah pasien Covid-19 di Batam sebanyak 25.457 orang. Dari total itu, 24.384 orang sudah dinyatakan sembuh, 804 orang meninggal dunia, dan tersisa 269 pasien yang masih dirawat. Sedangkan tingkat kesembuhan mencapai 95,7 persen.

“Meski banyak yang sudah sembuh, saya pesan betul agar protokol kesehatan jangan sampai kendur,” pesannya. (*)

Reporter : Ratna Irtatik
Editor : Jamil