Metropolis

PK PMII Unrika Gelar Pelatihan dan Pelantikan Pengurus

 

BATAM (BP) – Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Universitas Riau Kepulauan (PK PMII Unrika) menggelar pelantikan pengurus, sekaligus pelatihan kader dasar tingkat ke-2 2021, Jumat (27/8) siang. Pelantikan sekaligus pelatihan kader dasar tersebut, digelar di Pondok Pesantren Al-Usmaniyah Sagulung.

Pelantikan pengurus PK PMII Unrika sekaligus pelatihan kader dasar yang digelar selama 3 hari 2 malam tersebut, dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Cabang PMII Kota Batam Pahru Rozi Dalimunthe.

Turut hadir pada pelantikan pengurus PK PMII Unrika yakni Ketua Bapemperda sekaligus anggota DPRD Batam dari Komisi II dari Fraksi PKB Hendrik, Mabinkom PMII Unrika Tongku April, pimpinan Ponpes Al-Usmaniyah KH Agus Salim

PMII sendiri merupakan merupakan sayap organisasi Nadhlatul Ulama (NU) bidang kemahasiswaan yang dibentuk pada tahun 1960 untuk mengasah kemampuan akademik mahasiswa, mempertajam skill non akademik seperti belajar berorganisasi, belajar berjejaring, belajar beradaptasi dengan kultur di perguruan tinggi, belajar tanggung jawab sosial, belajar menjadi agen perubahan yang positif dan membangun, belajar menjadi muslim yang moderat, serta belajar menjadi manusia yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah.

Terkait pelantikan pengurus PK PMII Unrika, anggota DPRD Batam Komisi II yang juga tokoh masyarakat NU Kota Batam, Hendrik, yang ikut hadir di pelantikan menegaskan, ikut berbangga memiliki mahasiswa yang aktif berorganisasi dan ikut membantu menyumbang pemikiran membangun Kota Batam seperti kader PMII Unrika dan PMII Kota Batam.

“Sudah saatnya mahasiswa ikut andil menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara melalui organisasi PMII ini. Mereka (PMII Batam) selalu melibatkan saya dalam setiap kegiatannya. Semoga dengan pelantikan pengurus PK PMII Unrika ini, nantinya akan menumbuhkan lagi mahasiswa-mahasiswa kader PMII intelektual membangun bangsa dan negara,” ujarnya mengakhiri.

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang disingkat dengan PMII adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada tanggal 17 April 1960 di Surabaya.

PMII lahir karena menjadi suatu kebutuhan dalam menjawab tantangan zaman. Berdirinya organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia bermula dengan adanya hasrat kuat para mahasiswa NU untuk mendirikan organisasi mahasiswa yang berideologi Ahlusssunnah wal Jama’ah. (*)

 

Reporter : GALIH ADI SAPUTRO