Bintan-Pinang

Ada Penambahan Kapal tapi Penumpang di Pelabuhan SBP masih Sepi

Sejumlah penumpang kapal antarpulau saat tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Minggu (29/8)f.Peri Irawan

batampos.id-Meskipun masuk ke perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, aktivitas di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang masih sepi.

BACA JUGA: Penyaluran Bantuan Subsidi Upah hanya untuk Karyawan di PPKM Lavel 4

Meskipun ada penambahan kapal untuk tujuan Batam dan kapal antarpulau kembali beroperasi, pantauan Minggu (29/8) belum terlihat lonjakan penumpang, ruang tunggu di Pelabuhan SPB Tanjungpinang masih sepi dari calon penumpang yang akan berangkat hanya terlihat beberapa orang di kursi ruangan tersebut.

Petugas Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Marta Wilaya menjelaskan meskipun sudah perpanjangan PPKM level 3 dan harga rapid tes antigen sudah lebih murah lalu lintas penumpang baik ke Batam atau antarpulau masih sepi.

“Masih seperti kemarin, belum ada lonjakan penumpang,” kata Marta di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Minggu (29/8). Disampaikan Marta walaupun kapal ke Lingga dan Senayang sudah beroperasi kembali, kapasitas kapal saat ini masih diisi 60 persen dari kapasitas normal, termasuk aturan penggunaan rapid tes antigen masih diberlakukan.

“Tetap saat ini baik kapasitas maupun syarat perjalanan masih sama,” ujarnya. Memang ada kabar beredar untuk peniadaan rapid tes antigen di pelabuhan, namun aturan resmi hingga saat ini belum ada diterima pihaknya.

“Kami ada dengar soal itu, tapi surat resmi yang ditanda tangani Gubernur Kepri belum saya terima, jadi aturan lama masih kita pakai,” terangnya.

Menurutnya jika nanti syarat rapid tes antigen sudah ditiadakan kemungkinan akan ada lonjakan penumpang dan aktivitas di Pelabuhan SBP Tanjungpinang kembali ramai. “Iya kita tunggu saja aturan dari pemerintah jika sudah keluar aturanya akan kita terapkan,” sebutnya. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul