Bintan-Pinang

Cocok dengan Kondisi Saat Ini, Disdukcapil Bintan Kenalkan Si Pandu Capil

Seorang operator layanan adminduk Disdukcapil Bintan menjelaskan cara kerja aplikasi Si Pandu Capil ke Plt Bupati, Roby di Kantor Disdukcapil Bintan, Senin (30/8). F.Disdukcapil Bintan

batampos.id- Untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan memperkenalkan layanan online melalui aplikasi Si Pandu Capil. Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan, inovasi ini membuat layanan masyarakat tidak terkendala akibat pandemi covid 19.

BACA JUGA: Roby Diskusi Strategi Percepatan Pemulihan Ekonomi di Bintan dengan Menko Perekonomian

Karena, masyarakat dapat mengajukan permohonan dokumen kependudukan melalui aplikasi seperti ini. “Inovasi ini sangat pas dengan kondisi masyarakat yang merasa khawatir untuk keluar rumah karena wabah covid-19,” ujarnya, Senin (30/8).

Roby juga meminta organisasi perangkat daerah lain di Bintan membuat program inovatif yang bisa menjawab semua permasalahan dan kendala yang dihadapi masyarakat saat ini. “Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus efisien dan efektif, sehingga memangkas proses birokrasi,” tuturnya.

Kadisdukcapil Bintan, Ismail menjelaskan, masyarakat yang ingin mengajukan permohonan layanan administrasi kependudukan bisa mengetik www.sipanducapil.bintankab.go.id.

Selanjutnya, masyarakat bisa memilih jenis layanan seperti layanan akta lahir, akta kawin, akta sah anak, kartu keluarga, KTP elektronik, surat pindah, surat keterangan dan lain.

“Kemudian isi data pemohon dan unggah berkas persyaratan sesuai petunjuk. Klik kirim,” katanya. Jika data valid, Ismail menjelaskan, akan muncul notifikasi nomor resi. “Dicatat nomor resi atau bisa screenshot,” katanya.

Ismail menjelaskan, langkah selanjutnya, masyarakat dapat mengecek proses berkas dengan memasukkan nomor resi dengan klik cek status no resi.

“Jika status permohonan belum lengkap, silakan dibaca di kolom keterangan, mungkin ada yang kurang syaratnya, kemudian lengkapi kekurangannya sesuai kolom keterangan,” tukasnya. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul