Metropolis

Diikuti 110 Pekerja Konstruksi, Kementerian PUPR Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di SMKN 3 Batam

Peserta pelatihan keterampilan kepada tenaga kerja konstruksi di SMKN 3 Batam di Seibeduk.

batampos.id- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (PUPR) melalui Balai Prasarana Pemukiman wilayah Kepri gelar pelatihan keterampilan kepada tenaga kerja konstruksi di SMKN 3 Batam di Seibeduk. Pelatihan digelar selama tiga hari dan akan langsung disertifikasi pada hari keempat.

BACA JUGA: BP Batam Gelar Uji Kompetensi Wartawan, Berlangsung Selama 2 Hari

Pelatihan ini dibuka oleh Kadis Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Kota Batam yang mewakili wali kota Batam Muhamad Rudi dan disaksikan oleh Kepala balai Prasarana Pemukiman wilayah Kepri Albert Reinaldo, Senin (30/8).

Pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini diikuti 110 peserta, yang dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama sebanyak 60 orang yang dimulai dengan pelatihan selama tiga hari, gelombang kedua sebanyak 50 orang yang hanya mengikuti program sertifikasi kompetensi pada hari keempat.

Albert Reinaldo dalam arahannya menuturkan, bahwa pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi ini merupakan program peningkatan skill dan keterampilan pekerja konstruksi di Indonesia agar memiliki kompetensi yang mumpuni, yang sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi saat ini. Dia berharap agar pelatihan bermanfaat bagi pekerja konstruksi sehingga mereka bisa bersaing kedepannya.

“Kita tahu bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat saat ini masih komitmen dengan berbagai proyek pembangunan di seluruh pelosok negeri. Nah proyek-proyek ini membutuhkan tenaga konstruksi yang berkompetensi. Bapak-bapak hari memanfaatkan pelatihan dan sertifikasi ini dengan baik supaya bisa bersaing nantinya baik proyek pemerintah ataupun swasta,” ujar Albert.

Senada disampaikan Kadis Perkimtan Kota Batam Eryudhi Apriadi yang membacakan arahan tertulis wali kota Batam Muhammad Rudi, Se. Dia berharap agar peserta pelatihan memanfaatkan momen ini dengan baik sebagai bekal untuk bersaing nantinya. pemko Batam kata Eryudhi juga sedang konsen dengan pembangunan di kota Batam sehingga tak menutup kemungkinan juga membutuhkan banyak tenaga konstruksi. “Semoga apa yang bapak-ibu lakukan hari ini dapat bermanfaat nantinya, biar ekonomi Batam kembali bergairah,”ujar Eryudhi.

Kepala SMKN 3 Batam Henra Debeny menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepercayaan pihak Kementerian PUPR kepada SMKN III 3 Batam sebagai pelaksana kegiatan pelatihan dan sertifikasi tersebut. Pelatihan dan sertifikasi ini juga akan merangsang siswa siswi SMKN 3 Batam untuk belajar lebih giat lagi sehingga menjadi tamatan yang berkompetensi dan siap bersaing. “Ini kali kedua, tahun 2020 lalu ada juga pelatihan dan sertifikasi serupa. Semoga pelatihan ini membawa manfaat bagi kita semua,” ujar Henra.

Pelatihan dan sertifikasi ini juga merupakan kerja sama antara Balai Prasarana Pemukiman wilayah Kepri dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh. (*)

REPORTER : EUSEBIUS SARA
editor: tunggul