Metropolis

LAZ Bantu Anak Yatim akibat Covid

batampos.id – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kota Batam menyerahkan bantuan berupa biaya kebutuhan untuk sehari-hari, sembako dan beasiswa kepada Rohani dan tiga orang anaknya. Rohani baru saja ditinggalkan suaminya sebagai tulang punggung keluarga dua bulan lalu akibat Covid-19.

F. Muhammad nur/Batam Pos
Pihak LAZ Batam menyerahkan bantuan kepada keluarga korban Covid-19. Pemko Batam tengah mendata keluarga yang jadi korban wafat akibat Covid-19.

Ketua LAZ Batam Syarifuddin mengatakan, Rohani hingga saat ini masih berstatus ibu rumah tangga. Sebab, sebelumnya hanya suami Rohani yang menjadi tulang punggung keluarga dengan bekerja sebagai juru masak di salah satu hotel kawasan Nagoya.

”Sampai sekarang ibu Rohani masih sebagai ibu rumah tangga saja,” ujarnya, Selasa (31/8/2021).

Ia melanjutkan, untuk bantuan kepada anak pertama Rohani yang tengah menempuh pendidikan di salah satu universitas di Batam, LAZ akan meringankan Rohani dengan bantuan uang semester kuliah. Sementara untuk anak kedua dan yang bungsu, LAZ Batam juga akan meringankan biaya sekolah keduanya yang saat ini duduk di bangku SMP dan SD.

”Kita usahakan bisa memberikan yang terbaik kepada ketiga anak tersebut sampai yang besar bisa bekerja,” katanya.

Kemudian untuk Rohani, saat ini LAZ Batam mengupayakan untuk memberikan bantuan usaha. Sebab, bantuan yang diberikan LAZ Batam tentunya terbatas dan hanya bersifat meringankan. Sehingga, jika Rohani mau membuka usaha, LAZ Batam akan berupaya maksimal dengan memberikan bantuan modal usaha dalam program peduli usaha mikro.

”Ini juga bagus, mengajak ibu ini bangkit. Jadi, tidak merasa sedih terus dan terpuruk. Cepat bangkit, sehingga ada sumber pendapatan yang barang kali bisa menjadi penopang kebutuhan sehari-hari keluarganya,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk bantuan kepada anak yatim sebenarnya sudah banyak dilakukan LAZ Batam sebelum adanya pandemi Covid-19. Namun anak-anak yang menjadi yatim, piatu bahkan yatim piatu karena ditinggal orangtuanya akibat Covid-19, hingga saat ini baru ke keluarga Rohani. Saat ini LAZ Batam juga terus mencari anak-anak lain yang terpaksa menjadi yatim, piatu maupun yatim piatu akibat Covid.

”Bagi para pembaca Batam Pos yang menemukan ada anak yatim karena terdampak Covid-19, bisa menghubungi LAZ Batam karena kita punya dua programnya,” tuturnya.

Bahkan, LAZ Batam, kata Syarif, juga menyediakan dua unit asrama untuk laki-laki yang dapat menampung hingga 15 anak dan asrama perempuan yang dapat menampung hingga 15 orang. Asrama ini diberikan untuk anak yatim piatu yang ditinggal orangtuanya akibat Covid-19.

”Insya Allah siap menampung mereka dan menanggung mereka. Kami tanggung semuanya, mulai dari makan dan minumnya sampai pendidikannya. Jadi untuk saat ini kami membuka diri, kalau menemukan anak yatim terdampak Covid, silakan menyampaikan kepada LAZ Batam,” imbuhnya. (*)

 

 

Reporter: Eggi Idriansyah