Kepri

Bersama Relawan, Rudy Chua Gelar Vaksinasi dan Perhatikan Kebutuhan Pasien Isoman

Rudy Chua berdialog dengan masyarakat yang ikut vaksin pada kegiatan reses yang digelar di Aula SD Toan Hwa, Tanjungpinang, Rabu (1/9). F. Jailani

batampos.id--Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri I (Kota Tanjungpinang) Rudy Chua memulai kegiatan reses masa sidang kedua tahun 2021 dengan membuka fasilitasi vaksinasi Covid-19 di Aula SD Toan Hwa, Tanjungpinang, Rabu (1/9). Menurutnya semakin cepatnya tercapai target vaksin, maka ketahanan kelompok akan semakin terbentuk.

BACA JUGA: Rudy Chua Minta Pemda Penuhi Kekurangan Tenaga Kesehatan

“Kami menginisiasi kegiatan vaksinasi ini bersama relawan dari organisasi Ikatan Tionghoa Muda (ITM) dan Taruna Bangsa. Karena memang vaksinasi ini adalah ikhtiar untuk menekan penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepri, Tanjungpinang khususnya,” ujar Rudy Chua disela-sela kegiatan resesnya, kemarin.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang duduk di Komisi II DPRD Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, kegiatan ini juga terlaksana atas dukungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri yang berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait seperti unit Kesehatan Polres Tanjungpinang. Adapun target vaksinasi yang diharapkan tercapai dalam beberapa gelombang kegiatan adalah sebanyak 1.500 dosis.

“Sasaran kita adalah pelajar atau remaja usia 12-17 tahun. Kemudian warga umum 18 tahun keatas yang belum pernah vaksin dan warga umum yang sudah vaksin dosis pertama tetapi belum mendapatkan dosis kedua. Sedangkan jenis vaksin yang digunakan adalah moderna dan sinovac,” jelasnya.

Masih kata Rudy, khusus untuk vaksinasi moderna dijadwalkan besok (hari ini,red) di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang. Adapun waktu pelaksanaanya adalah pada pukul 08.30 sampai dengan selesai. Ia berharap masyarakat yang kesulitan mendapatkan vaksinasi, bisa menafaat peluang ini. Ia juga optimis, semakin banyaknya masyarakat yang divaksin maka penyebaran bisa terus ditekan.

“Bagi pelajar, vaksinasi ini juga menjadi pra syarat sebelum dibukanya belajar tatap muka. Kita juga tidak mendukung belajar tatap muka dilaksanakan, jika target vaksinasi terhadap pelajar belum tercapai,” tegasnya.

Dikatakannya juga, sebelum reses ini, ia bersama relawan Covid Tanjungpinang juga terus bergerak. Disebutkannya, dalam du bulan ini , tim relawan Covid Tanjungpinang telah mengirimkan vitamin, oksimeter, suplemen, tabung oksigen ke 831 pasien isoman di Tanjungpinang.

“Kegiatan ini akan kami lanjut sampai kondisi covid hilang dari Tanjungpinang. Harapan kami adalah dengan bantuan tersebut bisa mengurangi tingkat kematian pasien isoman di Tanjungpinang khususnya dan Kepri umumnya,” papar Rudy Chua.

Ditambahkannya, berbagai jenis bantuan yang masih dibagi antara lain Vitamin D dosis tinggi 5000iu, vitamin C 1000mg, oksimeter, suplemen, peminjaman tabung oksigen berikut regulator (1M³ dan 6M³) dan pembagian peralatan antigen. Semua itu diberikan gratis dengan syarat khusus untuk pasien isoman yang melakukan isolasi mandiri dengan dibuktikan surat keterangan positif dan puskesmas, lab atau klinik.

“Warga yang melakukan isoman cukup menghubungi telpon yang tertera dan barangnya kan diantar melalui ojol (kecuali tabung oksigen berikut regulator yang wajib dijemput sendiri). Dalam reses ini, saya juga mendapat pertanyaan tentang bantuan sosial yang dinilai tidak merata. Karena hanya berlaku disaat PPKM saja, terutama untuk santunan bagi keluarga pasien yang meninggal,” tutup Rudy Chua.(*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul