Kepri

Lis Darmansyah Jemput Masalah, Tunaikan Belasan Kegiatan Aspirasi

Legislator Komisi III DPRD Provinsi Kepri, Lis Darmansyah saat menggelar reses di dapilnya

batampos.id-Legislator Komisi III DPRD Provinsi Kepri, Lis Darmansyah akan melakukan reses di 12 titik yang tersebar di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Kota Tanjungpinang adalah Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri I yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

BACA JUGA: Lis Berang Pelaksanaan Antigen di Pasar Bintan Center Seperti Kerjar Maling, Rahma: Tidak Saatnya Cari Panggung

“Masa sidang reses kedua tahun 2021 berlangsung dari 24 Agustus 2021 sampai 6 September 2021 mendatang. Dalam waktu dua pekan ini, ada 12 lokasi reses yang akan saya lakukan,” ujar Lis Darmansyah menjawab pertanyaan media disela-sela kegiatan reser di Tanjungpinang Timur, Selasa (31/8) malam lalu.

Wakil rakyat yang duduk di Komisi III DPRD Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, baginya reses merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala. Dan itu merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses.

“Saya siap menerima usulan-usulan masyarakat dalam membangun Kota Tanjungpinang. Selain itu dia memerintahkan seluruh kader dan pengurus partai untuk membantu masyarakat,” jelasnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Kepri tersebut menegaskan, PDI Perjuangan harus berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat Kota Tanjungpinang. Atas dasar itulah, iameminta kader untuk peduli (care) dengan masyarakat ketika masyarakat mengalami kesulitan.

“Reses ini adalah formalitas saja untuk menyerap aspirasi masyarakat. Karena kenyataannya, untuk berdikusi atau turun ditengah-tengah masyarakat bagi wakil rakyat tidak harus menunggu reses,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, pada setiap kegiatan reses ia juga menyebar formulir usulan dari masyarakat terkait pembangunan di wilayah tempat tinggalnya. Sehingga usulan tersebut akan difilter olehnya, untuk menentukan yang skala prioritas atau tidaknya. Karena sebagai wakil rakyat ia juga punya kewenangan untuk mengusulkan program pembangunan lewat aspirasi dewan.

“Diantaranya yang bisa diusulkan melalui pokok-pokok pikirannya adalah jalan rusak, drainase, dan fasilitas umum lainnya. Pokir yang telah saya realisasikan pada masa reses sebelumnya ada 12 kegiatan mulai dari seminasi jalan, sampai revitalisasi rumah ibadah yang tersebar di Tanjungpinang,” tutup Lis Darmansyah. (*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul