Properti

Produk Cat Kayu dan Besi Mowilex Hilangkan Timbal

Salah satu produk cat Mowilex untuk kayu dan besi. F. Ist

batampos.id – Produk-produk ramah lingkungan sudah mulai menjadi tren setidaknya dalam satu dekade belakangan ini. Perusahaan cat PT Mowilex Indonesia juga ikut menerapkan hal tersebut dalam cat kayu dan besi produksi mereka.

Setelah membuat terobosan dengan merilis water based paint alias cat berbahan dasar air pertama di Indonesia pada 1970, kali ini mereka berinisiatif untuk menghentikan produksi cat kayu dan besi yang mengandung timbal diatas 90 ppm.

Presiden Direktur Mowilex, Niko Safavi dalam webinar yang digelar pada Selasa (31/8) mengatakan bahwa inisiatif ini sudah mulai dilakukan pada 2019 lalu. Setelah mereformulasi bahan-bahan cat kayu dan besi yang mengandung timbal ke bahan organik, pihaknya pun mulai melakukan kampanye untuk penggunaan cat yang lebih aman untuk lingkungan dan manusia.

Untuk diketahui, timbal adalah logam beracun yang berbahaya bagi manusia. Bila terpapar dalam jumlah yang melebihi batas toleransi, timbal bisa menyebabkan gangguan pada tubuh hingga saraf.

“Paparan timbal merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama. Kami telah menginvestasikan waktu dan sumber daya yang signifikan untuk mengatasi bahaya tersebut,” kata Niko.

Di kesempatan yang sama, Direktur dan Kepala Riset dan Pengembangan Produk Mowilex Novina Tjahjadi menambahkan bahwa Mowilex sudah mengembangkan formula baru yang sesuai dengan ambang batas aman di bawah 90 ppm tanpa memengaruhi kinerja dan kualitas produk mereka.

Novina mengatakan, langkah mereka selanjutnya untuk merealisasikan kampanye cat ramah lingkungan ini adalah dengan menukar sisa produk Mowilex Cat Kayu & Besi yang diproduksi sebelum 2019 yang masih mengandung timbal di atas 90 ppm.

BACA JUGA: Warnai Kualitas Hidup dengan Mowilex

“Sasaran kampanye adalah para mitra toko dan distributor. Mereka akan diajak untuk mengajukan penukaran produk Mowilex Cat Kayu & Besi yang diproduksi sebelum tahun 2019, mulai dari 1 September 2021 hingga 31 Desember 2021,” ujar Novina.

Meski harga bahan alternatif pengganti timbal untuk cat pelapis kayu dan besi lebih mahal, Novina menegaskan bahwa produk cat Mowilex tanpa timbal ini tidak akan naik dari harga yang sudah ada.

“Harga tidak akan naik, tetap sangat terjangkau, dan tentunya kualitasnya jauh lebih baik,” tutup Novina. (*)

Reporter: JPG Group
Editor: Suprizal Tanjung