Nasional

Airlangga Definitifkan Pejabat Deputi II BP Batam

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Dok Kemenko)

batampos.id – Enoh Suharto Pranoto dilantik menjadi Deputi II Badan Pengusahaan (BP) Batam Anggota Bidang Kebijakan Strategis, Kamis (2/9) pagi di Jakarta. Sebelumnya, ia menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) pada jabatan yang sama, sejak September 2019 lalu.

Enoh dilantik oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Wakil Kepala BP Batam serta jajaran Deputi lainnya. Enoh akan melanjutkan tugasnya hingga 2024.

“Pelantikan sebagai pejabat definitif ini dilakukan karena Enoh telah memasuki purna bhakti sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan telah mengakhiri tugasnya sebagai Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” kata Airlangga.

Dengan demikian, maka formasi jajaran pimpinan BP Batam saat ini sudah lengkap. Airlangga berharap momentum ini mampu mendorong percepatan pemulihan ekonomi di Batam, untuk menunjang perekonomian regional dan nasional, yang telah menunjukkan pemulihan pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua sebesar 7,07 persen.

“Dengan lengkapnya pejabat pimpinan BP Batam yang telah didefinitifkan, saya minta BP Batam dapat segera berlari kencang untuk memulihkan perekonomian di Batam dan merealisasikan berbagai rencana atau minat investasi baru yang telah diajukan oleh investor,” kata Airlangga.

Ia berharap, jajaran Pimpinan BP Batam dapat mengawal dan mensukseskan transformasi kawasan Free Trade Zone (FTZ) Batam menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan FTZ yang berdaya saing, dengan memperhatikan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, menyampaikan harapannya terkait perbaikan penanganan pandemi Covid-19 di Batam untuk mendorong perekonomian, terutama implementasi PP Nomor 41 Tahun 2021.

“Kegiatan berusaha di Batam akan kami dorong kembali, baik mobilitas masyarakat dan aktivitas ekonomi. Mudah-mudahan di tahun 2021 ini target yang kita tentukan masih bisa tercapai,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan, pihaknya siap untuk melaksanakan dan mengawasi jalannya kegiatan berusaha di Batam.

“Dengan dilantiknya Saudara Enoh Suharto Pranoto hari ini akan semakin mengukuhkan sinergi internal BP Batam dari segi manajerial. Hal ini akan bermuara pada keputusan dan kebijakan strategis dan akan dilahirkan BP Batam, terutama untuk kemudahan berusaha di Batam,” ujar Rudi.

Rudi bersama Wakil Kepala dan para Anggota Bidang juga menyatakan kesiapannya untuk mendukung penuh program startegis pemerintah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Batam.

Dalam jajaran kepemimpinan BP Batam, Enoh memang fokus mengurus pengembangan Batam dari segi rumusan strategi. Sehingga ketika berbicara mengenai KEK maupun FTZ, ranah strategisnya ada di jajaran kedeputian dua. (*)

Reporter : RIFKI SETIAWAN
Editor : GALIH ADI SAPUTRO