Nasional

Optimalkan Pengawasan Bersama

Kepala Bea Cukai Batam Kunjungi Batam Pos

Kepala Bea Cukai Batam Ambang Priyonggo (tengah) didampingi jajaran berdialog dengan Pemimping Redaksi Muhamad Ikbal bersama Manager Kerjasama antar lembaga Agus Triono, Manager Iklan Levina, Manager Sirkulisi dan pemasaran Herman Mangundap saat kunjungan kekantor Batam Pos, Kamis (2/9). (Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.id – Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea Cukai (BC) Tipe B Batam bertekad meningkatkan pengawasan bersama dengan berbagai instansi guna mencegah aksi pelanggaran kepabeanan di wilayah Batam.

Tekad itu disampaikan kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Ambang Priyonggo, saat berkunjung ke redaksi Batam Pos, di lantai 3 Graha Pena Batam, Kamis (2/9). Ambang bersama rombongan diterima Pemimpin Redaksi (Pemred) Batam Pos, Muhammad Iqbal, didampingi Manajer Kerja Sama Antar-Lembaga Batam Pos, Agus Triyono; Manajer Sirkulasi dan Marketing Herman Mangundap; dan Manajer Iklan Levina Desianty.

”Masalahnya, tidak gampang menindak pelanggaran kepabeanan. Tantangannya di perairan paling tinggi. Makanya, kita menggandeng, bersinergi, dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan,” ujar Ambang.

Begitupun di daratan, juga menggandeng berbagai pihak. Termasuk dalam kasus penganiayaan dua orang pejabat BC Batam, Selasa (31/9) lalu. Dalam kasus tersebut, BC Batam telah menggandeng pihak terkait.

Penegakan hukum, kata Ambang, menjadi hal yang sangat penting dalam mendorong kinerja pengawasan, optimalisasi penerimaan negara, dan menguatkan perekonomian.

Dengan berbagai sinergi ini, diharapkan mampu menguatkan koordinasi antara BC dengan berbagai instansi lain. Sehingga ke depan pengawasan dan penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai di berbagai daerah dapat semakin kuat.

Terkait dengan harapan dunia usaha kepada BC agar pelayanan semakin baik lagi, Ambang dalam beberapa kali kesempatan menegaskan, sudah menjadi komitmen BC untuk terus memberi pelayanan terbaik. Sebab, BC juga memiliki peran penting dalam peningkatan perekonomian daerah maupun nasional.

Apalagi, Batam yang merupakan kawasan industri yang memiliki status daerah perdagangan dan pelabuhan bebas (free trade zone/FTZ) yang di dalamnya juga ada kawasan ekonomi khusus (KEK). BC dari aspek kepabeanan akan terus berupaya agar semua sektor perekonomian di Batam bisa berkembang pesat.

Dalam kunjungan ke Batam Pos, Ambang juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang sudah terjalin antara Batam Pos dan BC Batam selama ini. Salah satunya, kerja sama dalam pengembangan humas Bea Cukai Batam dalam mengelola media sosial maupun pemberitaan yang dinilainya sudah sangat baik.

”Karena banyak saluran yang variatif dan inovatif. Dan produksinya juga cukup tinggi, itu berkat sharing dari Batam Pos,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, dari segi pemberitaan yang disajikan Batam Pos mengenai BC Batam sudah sangat baik. Sebab, informasi yang disajikan Batam Pos di tengah masyarakat banyak yang positif dan konsumtif. Hal ini sangat membantu BC, karena institusi publik tidak bisa terlepas dari media yang manjadi partner strategis BC Batam.

”Jadi yang sudah terjalin, dilanjutkan lagi dan kita jaga. Karena tanpa media, kita tidak eksis. Sudah beberapa tahun ini, kerja sama dengan media dilakukan transformasi yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan ini bisa diingat masyarakat dan dirasakan. Dalam memberikan informasi sangat membantu kami untuk dikenal oleh masyarakat dan dirasakan manfaatnya,” tuturnya. (*)

Reporter : Eggi Idriansyah
Editor : MOHAMMAD TAHANG