Bintan-Pinang

Tarif Antigen Kembali Turun, Jadi Rp 85 Ribu

Salah satu calon penumpang saat rapid tes antigen di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Kamis (2/9) f.Peri Irawan

batampos.id- Tarif rapid tes antigen di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang kembali turun dari Rp 125 ribu menjadi Rp 85 ribu. Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) nomor :HK.02.02/I/3065/2021 tentang batas tarif tertinggi pemeriksaan rapid test antigen, ditetapkan tarif untuk daerah luar pulau jawa dan bali Rp 99 ribu sedangkan di Pulau Jawa dan Bali Rp 109 ribu.

BACA JUGA: Ingat! Tarif Rapid Test Antigen Jawa-Bali Maksimal Rp 99 Ribu

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kota Tanjungpinang, Agus Jamaludin menjelaskan mulai, Kamis (2/9) tarif rapid tes antigen di Pelabuhan SBP resmi turun menjadi Rp 85 ribu untuk satu kali pemeriksaan dengan masa berlaku 1 X 24 Jam.

“Ini untuk memberi keringanan bagi masyarakat tapi tetap menjaga mobilitas saat pandemi,” kata Agus, Kamis (2/9).

Calon penumpang kapal tetap harus melengkapi perjalanan dengan bukti vaksinasi, mengisi aplikasi eHAC yang ada di aplikasi peduli lindung. Penumpang tetap diminta patuh protokol kesehatan (Prokes) menggunakan masker dengan benar, tidak berkerumum, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Sementara itu, Asisten Manajer Terminal SBP Tanjungpinang, Raja Junjungan mengatakan penurunan harga itu sebenarnya jauh dari harga ambang batas, harga yang ditetapkan Rp 24 ribu lebih murah dari SE yang dikeluarkan.

“Dengan penurunan harga ini diharapkan bisa membantu memudahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” ujarnya.

Raja berharap penurunan harga rapid tes antigen itu dapat mendorong kembali lonjakan penumpang kapal, karena selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terjadi penurunan penumpang yang sangat drastis.

“Harapan kita setelah ini kembali ramai, agar masyarakat yang akan berangkat lebih mudah,” tambahnya. (*)

 

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul