Bintan-Pinang

Ular Kobra Sepanjang 1,5 Meter Ditangkap dari Rumah Warga Tanjunguban

Petugas Damkar Tanjunguban menangkap ular kobra sepanjang 1,5 meter yang sembunyi di belakang lemari pakaian milik warga di jalan Berdikari II Gang Rajawali, Kelurahan Tanjunguban Timur, Kamis (2/9) petang. F.Damkar Tanjunguban

batampos.id– Bersembunyi di belakang lemari pakaian, seekor ular kobra sepanjang 1,5 meter ditangkap petugas pemadam kebakaran Tanjunguban di rumah warga yang terletak di jalan Berdikari II Gang Rajawali, Kelurahan Tanjunguban Timur, Kamis (2/9) petang.

BACA JUGA: Masuk Pekarangan Rumah Warga, Seekor Ular Kobra Dievakuasi Damkar Tanjunguban

Kepala UPT Damkar Tanjunguban, Marsadi melalui Kasubbag TU, Panyodi mengatakan, petang itu, seorang anak dari pemilik rumah melihat seekor ular di kamar tepatnya di tempat tidur.

Ular jenis kobra itu langsung bereaksi ketika mengetahui ada orang yang masuk ke kamar. Ular kemudian bersembunyi di belakang lemari. “Si anak langsung melapor ke ibunya dan kebetulan bapak dari si anak merupakan petugas pemadam kebakaran,” kata Panyodi.

Kebetulan juga, saat kejadian sejumlah petugas pemadam kebakaran sedang memantau kejadian tanah longsor dan banjir yang melanda Tanjunguban. “Jadi, kita bagi dua regu, satu tetap memantau banjir dan longsor, satu regu bergerak untuk melakukan evakuasi ular,” katanya.

Saat akan dievakuasi, ular tersebut masih bersembunyi di belakang lemari. Dia menduga, ular keluar dari sarangnya untuk mencari tempat kering dan hangat mengingat hujan yang menguyur sejak dinihari.

“Alhamdulillah, evakuasi ular berjalan lancar, tidak ada masalah, cuma harus geser-geser lemari saja,” katanya tersenyum.

Dia mengatakan, saat ini ular masih diamankan di kantor UPT Damkar Tanjunguban. Menurut rencana, ular tersebut akan dikembalikan ke habitatnya di hutan, Jumat (3/9).

Panyodi mengimbau masyarakat yang melihat hewan liar kalau dirasa sudah membahayakan keselamatan masyarakat agar segera melaporkan dengan menghubungi nomor kantor Damkar di 07714651295. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul