Kepri

Surya Sardi Jaring Masalah di Dapil Kepri IV, Masyarakat Bertanya Sembako Pemerintah Daerah

Surya Sardi belanja masalah lewat agenda reses di Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri IV Batam.

batampos.id-Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepri, Surya Sardi belanja masalah lewat agenda reses di Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri IV Batam. Menurutnya, banyak keluhan yang disampaikan masyarakat adalah mengenai kesulitan ekonomi ditengah pandemi Covid-19 yang masih meluas.

“Pada reses kedua di masa sidang ke II tahun 2021 ini ada beberapa titik sasaran yang tersebar di Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Bengkong, Kecamatan Lubuk Baja, dan Kecamatan Batam Kota,” ujar Surya Sardi, Selasa (31/8).

Pria yang duduk di Komisi III DPRD Provinsi Kepri tersebut, sejatinya membidani persoalan infrastruktur dan pembangunan. Namun demikian, karena reses adalah untuk menyerap aspirasi apapun yang disampaikan masyarakat, tetap akan diinventarisir olehnya. Politisi Partai Demokrat tersebut menjelaskan, ada delapan titik lokasi yang rencananya akan disambangi di empat kecamatan.

“Rata-rata keluhan masyarakat tentu kesulitan ekonomi yang disebabkan pandemi Covid-19. Apalagi banyak kepala keluarga yang kehilangan pekerjaan, karena perusahaan berhenti beroperasi. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah,” jelas pria yang pernah duduk sebagai Ketua DPRD Kota Batam tersebut.

Lebih lanjut katanya, disela-sela kegiatan reses, ia juga mengajak masyarakat untuk sama-sama bergerak mempercepat program vaksinasi Covid-19. Tujuannya adalah untuk menggesa secepatnya terbentuk ketahanan kelompok ditengah-tengah masyarakat. Sehingga pemulihan situasi daerah juga bisa berjalan seiringan. Selain itu, juga akan segera dibuka belajar tatap muka yang terus menerus ditanyakan oleh masyarakat.

“Lewat agenda reses ini, saya juga membawa hasil aspirasi masyarakat sebelumnya. Yakni mengenai bantuan penerangan bagi rumah-rumah ibadah,” jelasnya lagi.

Persoalan lain yang ditanya oleh masyarakat adalah mengenai bantuan sembako bagi masyarakat kurang mampu. Mengenai masalah ini, ia juga akan menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kepri. Ia berharap, meskipun dengan keterbatasan anggaran, Pemprov Kepri hendaknya tetap memprioritaskan bantuan sosial atau sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Dalam rapat kerja nanti, persoalan-persoalan yang diserap dari masyarakat tentu akan disampaikan oleh DPRD Kepri ke Pemprov Kepri,” paparnya.

Ditambahkannya, untuk masalah infrastruktur pembangunan sudah berjalan dengan baik. Namun pihaknya akan mendorong penyelesaian pembangunan jalan dari Simpang BNI Sungai Panas menuju underpass Seraya. Karena penyelesaian jalan tersebut sudah mangkrak beberapa tahun anggaran. Selain itu adalah terkait keterbatasan infrastruktur pendidikan di wilayah Dapil Kepri IV.

“PPDB SMA/SMK lalu masih menyisahkan masalah. Persoalan ini sebenarnya sudah masuk di Komisi III DPRD Provinsi Kepri. Tentunya akan kami perkuat dengan saran dan masukan masyarakat melalui kegiatan reses ini. Kami juga berencana menyiapkan bantuan bagi panti-panti asuhan disela-sela kegiatan ini,” tutupnya. (*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul