Metropolis

Rute Batam-Letung Kembali Diaktifkan

 

batampos.id – Lion Air Grup melalui maskapainya, Wings Air, kembali mengaktifkan rute Batam ke Letung, Anambas, mulai Senin (6/9). Rute ini dilayani Wings Air sebanyak 3 kali dalam seminggu, setiap Senin, Rabu dan Jumat. Pengaktivan kembali rute ini, karena syarat penerbangan antar kabupaten/kota di Kepri hanya perlu menunjukan negatif tes antigen saja.

”Kami mendapatkan kabar, sesuai Surat Edaran Gubernur Kepri, perjalanan udara antar Kota dan Kabupaten ini cukup menunjukkan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan antigen, tidak lagi menggunakan PCR,” kata Distrik Manager Lion Air, M Zaini Bire, Senin (6/9/2021).

Ia mengaku cukup optimis penerbangan ini dapat menarik minat masyarakat. Sebab, syarat perjalanan tidak lagi menggunakan negatif tes PCR, melainkan hanya tes antigen.
Bire mengatakan, bagi pemilik tiket Lion Air Grup, mendapatkan fasilitas pemeriksaan antigen murah, Rp 35 ribu saja. Pemeriksaanya dapat dilaksanakan di RSIA Kasih Sayang Ibu, Taman Baloi, Batam Kota, Batam.

”Awalnya kami hanya buka sekali dalam seminggu saja, yakni setiap Senin. Tapi, bapak Bupati meminta kami menambah frekuensi penerbangan. Sehingga saat ini kami membuka, setiap Senin, Rabu dan Jumat,” ungkapnya,

Ia mengatakan, harga tiket Batam ke Letung ini dijual mulai Rp 500 ribuan. Rute ini diharapkan membantu masyarakat Anambas. Sebab, jika menggunakan pelayaran, masyarakat membutuhkan waktu 6 hingga 7 jam perjalanan. Sedangkan menggunakan Wings Air, jarak tempuh Batam ke Letung hanya 1 jam 10 menit saja.

”Animo masyarakat cukup tinggi, hari ini saja ada 56 orang yang berangkat,” ungkap Bire.

Rute ini dilayani dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72. Pesawat ini mempunyai kemampuan angkut 72 kursi, semuanya kelas ekonomi. Pesawat yang diproduksi asal Perancis sudah dibekali interior kabin terbaik di kelasnya, sehingga membuat perjalanan lebih nyaman. Konfigurasi kursi 2-2, sehingga penumpang dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja lebih leluasa atau hanya sekadar menikmati pemandangan memukau dari ketinggian.

Dengan adanya penambahan rute Batam ke Letung, Wings Air memiliki dua rute antar Kota dan Kabupaten di Kepri. Sebelumnya, Wings Air melayani rute Batam ke Natuna, yang berangkat setiap Senin hingga Sabtu.

”Kami terus membantu koneksi antar daerah di Kepri,” ungkap Bire. (*)

 

 

 

Reporter : FISKA JUANDA
Editor : RATNA IRTATIK