Total Football

Klub Liga Primer Terancam Tak Diperkuat Pemain Asal Brasil

Sejumlah pemain asal brasil terancam tak bisa memperkuat klubnya setelah FIFA menjatuhkan sanksi Five Day Rules. (F. Goal.com)

batampos.id – Perseteruan klub Premier League dengan otoritas sepakbola Brasil (CBF) kian panas. Ini setelah sejumlah klub Premier League melarang sejumlah pemainnya asal Brasil untuk membela negaranya.

Pasca tak diizinkan membela negaranya di kualfikasi Piala Dunia, CBF melaporkan hal ini pada FIFA. Goal menulis imbas laporan CBF itu membuat FIFA menjatuhkan sanksi “five-day rule”.

Peraturan itu akan melarang delapan pemain dari lima klub merumput akhir pekan ini. keputusan FIFA ini membuat sejumlah klub Liga Primer Inggris termasuk Chelsea, Liverpool, Manchester City, dan Manchester United akan kehilangan beberapa pilarnya

Sementara penyerang Everton Richarlison akan diizinkan main oleh CBF berkat kedekatan The Toffees dengan CBF. Richarlison diperbolehkan membela Brasil saat Olimpiade Tokyo 2020 musim panas ini.

Trio Liverpool, Alisson Becker, Fabinho, dan Roberto Firmino kena imbas dan harus melewatkan lawatan ke kandang Leeds United, Minggu (12/9). Winger Leeds, Raphinha, juga harus mengalami nasib yang sama.

Duo Manchester City, Ederson dan Gabriel Jesus, juga harus rela absen saat dijamu Leicester City, Sabtu (11/9), sementara Manchester United akan tanpa Fred saat menghadapi Newcastle United di hari yang sama di Old Trafford. Gelandang Setan Merah itu juga tak bisa dipilih untuk melawan Young Boys di partai pembuka Liga Champions, Selasa (14/9) malam.

BACA JUGA: Sah! Varane Ditebus Manchester United dengan Mahar Rp 822,3 M

Chelsea senasib dengan United setelah bek veteran Thiago Silva akan absen melawan Aston Villa dan Zenit St. Petersburg.

Beberapa tim lain juga terdampak. Cristian Romero dan Giovani Lo Celso tak bisa membela Tottenham Hotspur, sedangkan duo Emiliano milik Villa, Martinez dan Buendia juga mesti absen. Keempat nama ini dipanggil Argentina pada jeda internasional yang sedang berlangsung, yang memiliki kontroversinya sendiri dengan beberapa pemain diburu polisi gara-gara diduga melanggar aturan Covid-19.

Selain CBF, asosiasi sepakbola Chile, Meksiko, dan Paraguay juga meminta FIFA untuk menegakkan five-days rule, yang bisa mencegah Raul Jimenez (Wolves), Francisco Sierralta (Watford), Miguel Almiron (Newcastle), dan Ben Brereton Diaz (Blackburn) untuk bermain bagi klubnya pekan ini.

Five-days rule dirancang untuk melindungi tim internasional dari penarikan pemain yang tidak perlu dari pihak klub.

Pemain yang tak diizinkan membela negaranya oleh klub bisa, dengan restu FIFA, dilarang bermain di klub selama lima hari pasca berakhirnya jadwal internasional. Dalam kasus ini, periode tersebut mencakup 10 hingga 14 September.

Klub EPL sebelumnya sepakat tak melepas pemain mereka ke negara masing-masing di jeda internasional kemarin jika pemain tersebut harus terbang ke negara zona merah, yang akan memaksa mereka mengisolasi diri selama 10 hari saat kembali. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo