Karimun

Calon P3K Pemkab Karimun Di- Rapid Antigen Sebelum Jalani SKD

Tenaga kesehatan di UPT Puskesmas sedang melakukan rapid test antigen kepada P3K yang akan mengikuti ujian SKD.

batampos.id – Ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) di Kabupaten Karimun untuk peserta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) sudah dimulai. Namun, untuk peserta sesi pertama pukul 07.30 WIB sudah harus menjalani rapid test antigen Minggu (12/9).

BACA JUGA: Peserta SKD CPNS Tanjungpinang Gratis Antigen

”Sesuai dengan hasil koordinasi kita dengan Dinas Pendidikan (Disdik), maka hari ini P3K yang ikut ujian SKD sesi atau jam pertama harus mengikuti rapid test antigen. Karena, kalau pada saat hari H baru dilakukan rapid test antigen, sudah tentu tidak bisa terkejar,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi.

Untuk mempercepat proses pelaksanaan rapid test antigen kepada P3K, lanjutnya, pihaknya sudah meminta kepada tiga UPT Puskesmas di Pulau Karimun untuk membantu pelaksanaan kegiatan tersebut. Yakni, UPT Puskesmas Karimun, Meral dan Tebing. Jadi, untuk P3K yang berasal dari luar Pulau Karimun, bisa memilih salah satu UPT Puskesmas tersebut.

Plt Kepala Disdik Kabupaten Karimun, Fajar Horison Abidin secara terpisah membenarkan pelaksanaan rapid test antigen untuk P3K yang akan mengikuti ujian SKD sudah dimulai. ”Untuk P3K yang ujian SKD sesi pertama memang harus rapid test antigen sehari sebelumnya dan berlaku 1×24 jam. Sedangkan, peserta yang ikut sesi kedua bisa melaksanakan rapid test antigen pada hari yang sama dan tentunya dilakukan pagi hari,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk pelaksanaan rapid test antigen tidak dipungut biaya. Dan perlu diketahui alat rapid test antigen yang digunakan saat ini milik Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun. Karena, pemberian dari Provinsi Kepri belum tiba. Tapi, nanti kalau sudah datang akan dikembalikan. Dan untuk jumlah P3K yang ikut ujian SKD sesuai data yang diterima dari pusat sebanyak 995 orang. (*)

Reporter: Sandi
editor: tunggul