Kepri

Gubkepri Desak Bank Riau Kepri Tuntaskan PKS Program Diskon Bunga

Ansar Ahmad

batampos.id-Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meminta Bank Riau Kepri bergerak cepat menuntaskan Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk program diskon bunga bank bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Kepri yang membutuhkan modal usaha. Gubernur berharap, pada pertengahan pekan ini sudah ada keputusan yang dibuat.

BACA JUGA: Terkait Program Bantuan UMKM, Gubkepri Tunggu Keputusan Bank Riau Kepri

“Target kita memang pada pertengahan ini sudah berjalan programnya. Namun sampai sekarang PKS tersebut masih belum tuntas, karena masih dipelajari oleh Biro Hukum BRK,” ujar Gubernur Ansar di Gedung DPRD Provinsi Kepri, Tanjungpinang, Senin (13/9)

Mantan Bupati Bintan tersebut menegaskan, ia sudah mendapatkan banyak pertanyaan kapan mengenai program ini dimulai. Atas dasar itu, ia mengharapkan BRK sebagai leading sektor yang akan melaksanakan program ini bisa segera menyelesaikan PKS tersebut. Sehingga ia bisa segera menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat yang ditujukan kepada dirinya.

“Kita sudah memulai dengan pendanangan MoU beberapa waktu lalu. Tindaklajutnya adalah lewat PKS. Namun sampai saat ini masih belum tuntas,” jelas Gubernur.

Dijelaskannya, lewat program ini, Pemerintah Provinsi Kepri akan memberikan bantuan stimulus bagi 2.000 pelaku UMKM yang akan mengajukan pinjaman usaha modal sampai Rp20 juta. Menurut Gubernur Ansar, Pemprov akan bertanggungjawab dalam memenuhi bunga pinjaman tersebut.

“Nantinya bantuan itu akan diberikan pemerintah Provinsi Kepri yang bekerjasama dengan Bank Riau Kepri. Adapun maksimal pinjaman sebesar Rp20 juta. Dalam hal ini, Pemprov Kepri akan menanggung bunga, sedangkan pelaku hanya bertanggungjawab terhadap angsuran pokoknya saja,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, skema bantuan UMKM tersebut adalah subsidi bunga, artinya Pemprov Kepri akan menanggung biaya bunga dari pinjaman tersebut. Ia yakin, dengan stimulus ini akan membantu UMKM di Provinsi Kepri untuk kembali bangkit di tengah pandemi Covid-19. Diakuinya, UMKM memiliki peran strategis dalam membantu pergerakan ekonomi di Provinsi Kepri.

“Saya berharap kedepannya dengan bantuan yang diberikan pemerintah Provinsi Kepri ini kepada masyarakat dan UMKM yang terdampak dapat meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” tutup Gubernur Ansar. (*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul