Karimun

Karimun Menuju Zona Hijau Covid

Camat Moro Khaidir ketika meninjau vaksinasi di pulau-pulau. f,CAMAT MORO

batampos.id- Perkembangan pasien positif Covid-19 di kabupaten Karimun, saat ini sudah mulai ada perkembangan yang cukup pesat. Namun, tetap harus waspada dan wajib menerapkan protokol kesehatan bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah. Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengungkapkan, hingga sekarang ada empat wilayah yang sudah bebas dari pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Zona Merah Terus Berkurang

” Alhamdulillah, sudah ada empat wilayah yaitu Kecamatan Moro dan desa Niur Permai, kemudian kecamatan Belat nihil pasien positif Covid-19,” terangnya, Minggu (12/9).

Dengan demikian, mudah-mudahan kedepan di wilayah lain menyusul tidak adanya positif Covid-19. Sehingga, bisa menuju zona hijau yang saat ini masih berstatus zona kuning. Untuk itu dirinya tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tidak lepas dari protokol kesehatan.

” Untuk hari ini (Minggu-red), masih ada yang positif enam orang, kemudian sembuh lima orang, meninggal dunia tidak ada dan aktif Covid-19 satu orang,” ungkapnya.

Masih kata Racmadi lagi, sedangkan untuk pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mulai dari RSUD M Sani ada tujuh pasien, RUD Tanjung Batu enam pasien dan RSBT dua pasien. Sedangkan, daerah yang pasien terkonfirmasi positif baru berada diwilayah kecamatan Tebing dan Buru.

” Pada hari Sabtu (11/9) lalu, kecamatan Buru dinyatakan nihil tapi, pada hari Minggu tambah tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19. Maka, untuk itu saya menghimbau mari sama-sama kita melawan pandemi Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Hingga, sekarang kabupaten Karimun yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 5.299 orang. Sedangkan yang meninggal dunia ada 147 orang.

” Kasus positif Covid-19 didominasi dengan kasus konfirmasi tanpa gejala dan kasus konfirmasi kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Sedangkan, jenis kelamin hampir berimbang antara pria dan wanita,” kata Rachmadi.

Sementara itu Camat Moro Khaidir mengungkapkan, berkat kerjasama masyarakat dengan tim gugus tugas Covid-19 kecamatan telah berhasil tidak ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Selain melakukan imbauan bersama TNI/Polri, pihaknya juga terus gencar melakukan sosialiasi dan mengajak vaksinasi kepada masyarakat yang belum.

” Selama pamdemi Covid-19, hanya satu orang yang meninggal dunia itupun karena faktor usia sudah 73 tahun. Kita terus mengejar vaksinasi dipulau-pulau yang ada di kecamatan Moro,” tuturnya. (*)

Reporter: Tri Haryono
editor: tunggul