Metropolis

Ada Layanan Pengurusan Paspor pada Hari Minggu, Peminatnya Meluber

 

batampos.id – Pengurusan Paspor menggunakan layanan Pasar Minggu yang digagas Imigrasi TPI Batam di Mall Botania 2 (MB2), Batam Kota, ternyata mendapat respons luar biasa masyarakat. Hal itu terbukti dari terpenuhinya kuota permohonan paspor pada Minggu (12/9/2021).

F. Cecep Mulyana/Batam Pos
Sejumlah warga melakukan pengurusan paspor di unit layanan paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam di Mall Botania 2, Minggu (12/9).

Salah seorang petugas pelayanan, Arif, mengatakan bahwa kuota permohonan paspor Hari Minggu dilaksanakan pada hari Sabtu melalui aplikasi WhatsApp. Bahkan, banyak yang belum mendapat kuota dan diminta mendaftar untuk kuota berikutnya.

”Kuota memang dibatasi, hanya 20 orang. Jadi memang harus cepat mendaftar,” terangnya.

Menurutnya, pelayanan paspor Pasar Minggu dilaksanakan 2 kali sebulan. Sedangkan di hari biasa, permohonan paspor dilaksanakan pada hari Senin, Rabu dan Jumat.

”Untuk hari Minggu jam operasional mulai pukul 13.00 WIB sampai 19.00 WIB,” ungkapnya.

Di ruang pelayanan Imigrasi di MB2, pemohon nantinya akan melakukan sesi pengecekan berkas, wawancara dan foto.

”Paspor biasanya selesai 3 hari kerja usai pembayaran di bank,” tegasnya.

Salah seorang warga yang mengurus paspor, Ngaliman, mengaku cukup terbantu dengan layanan paspor Hari Minggu. Sebab, pada hari biasa, ia disibukan dengan rutinitas pekerjaan.

”Jelas sangat terbantu, ini datang perpanjangan paspor anak,” jelasnya.

Dikatakannya, hari itu ia menggurus paspor anaknya yang telah habis masa berlaku. Perpanjangan paspor dilakukan untuk persiapan jika nanti dirinya dan keluarga hendak keluar negeri.

”Untuk sekarang belum, tapi untuk persiapan saja. Kebetulan paspor anak saya sudah habis masa berlakunya,” tegas Ngaliman.

Hal senada dikatakan Nurima yang juga menemani saudaranya untuk memperpanjang paspor. Menurutnya, permohonan paspor di MB2 lebih praktis dibandingkan harus ke kantor. Apalagi, ia memang tak bisa mengurus paspor pada hari kerja.

”Ke sini mempemperpanjang masa berlaku paspor, untuk persiapan saja meski belum mau keluar negeri,” terangnya.

Beberapa waktu lalu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Tessa Harumdila, mengatakan, program pengurusan Paspor Minggu ditujukan untuk masyarakat yang tidak bisa mengurus paspor di hari kerja.

”Layanan ini dilaksanakan di Mal Botania 2, tepatnya di lantai 2 mulai pukul 13.00 sampai 19.00,” ujarnya, Jumat (10/9).

Adapun, untuk pelayanan Pasar Minggu itu, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam membatasi 20 permohonan.

Masyarakat cukup mendaftarkan antrean melalui WhatsApp dengan nomor +6281285831393 dengan format, NAMA#NIK KTP# ALAMAT# JUMLAH PENDAFTAR#.
”Pendaftaran sudah mulai kami buka di hari Sabtu. Mulai pukul 08.00 sampai kuota terpenuhi sebanyak 20 pemohon,” katanya. (*)

 

 

Reporter : Yashinta
Editor : RATNA IRTATIK