Politika

PAN Sodorkan Soetrisno Bachir ke Presiden Jokowi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan  Presiden Joko Widodo (Jokowi). (dok JawaPos.com)

batampos.id – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengaku pihaknya sudah mengajukan satu nama ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa menjadi menteri. Menurut Zulkifli, nama yang disodorkan ke Jokowi adalah Ketua Dewan Kehormatan PAN, Soetrisno Bachir. Koleganya tersebut dianggap mampu membantu Presiden Jokowi di pemerintahannya.

“Sekali lagi ini memang di luar kebiasaan kita tidak menyodorkan. Memang pernah satu pertemuan saya menyampaikan karena ada Dewan Kehormatan PAN namanya Mas Tris (Soetrisno Bachir, Red) itu tim sukses Pak Jokowi, dulu ketua KEIN,” ujar Zulkifli dikutip dalam kanal YouTube Karni Ilyas Club, Senin (13/8).

Namun demikian, Wakil Ketua MPR ini menuturkan menyerahkan sepenuhkan kepada Presiden Jokowi mengenai nama Soetrisno Bachir yang sudah pernah disodorkan. Dia mengaku PAN menerima apapun jabatan yang diberikan Jokowi.

“Kalau memungkinkan saya menitip apa saja. Mas Tris sebagai tim sukses Pak Jokowi pada waktu itu, bisa kembali diperankan apapun terserah,” kata pria yang akrab disapa Zulhas.

Seperti diketahui, Soetrisno Bachrir dalam Pilpres 2014 dan 2019 mendukung Jokowi sebagai calon presiden. Meski ketika itu berbeda sikap politik dengan PAN yang menaunginya. Ia juga menggerakkan relawan pemenangan Jokowi ketika itu.

PAN sendiri telah resmi menjadi partai politik pendukung pemerintah. PAN bergabung ke pemerintah setelah Presiden Jokowi mengundang Zulkifli Hasan. Kader PAN juga menyambut baik lantaran partainya bisa membantu Jokowi di pemerintahan. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim