Zetizen

Komunitas Doodle Art Surabaya – Tuangkan Pikiran lewat Coretan

Batampos.id – DRAWING to relax. Yaps! Menggambar bisa membantu meredakan stres dan membuat kita lebih rileks. Nggak harus jago gambar kok. Kamu bebas membuat gambar apa aja, termasuk coretan abstrak yang dibuat sesuka hati atau doodle art. Buat kamu yang suka bikin doodle, nih Zetizen kasih tahu komunitas para doodler. Wah, pasti seru bertemu teman yang sehobi.

DOODLER: Pada 2019, Doodle Art Surabaya mengadakan workshop bersama teman-teman LPIDOS di Galeri Orasis.

Komunitas Doodle Art Surabaya hadir untuk mewadahi bakat dan minat para doodler dalam berbagai media. ’’Doodle Art Surabaya awalnya terbentuk dari Instagram yang repost gambar doodle pada 2015. Lalu, tercetus ide untuk mengadakan meetup perdana pada April 2016 di salah satu kafe di Surabaya. Saat itulah ditetapkan komunitas ini terbentuk,’’ jelas Hanifah Fitriani, humas eksternal Doodle Art Surabaya.

Kali pertama meetup Doodle Art Surabaya hanya dihadiri sepuluh orang. Kini anggotanya tercatat sudah mencapai 37 orang. Untuk join komunitas ini, syaratnya nggak susah kok! Sebelum pandemi, kamu cukup ikut meetup yang diadakan. Kalau saat ini, kamu bisa bergabung kapan saja asal punya semangat untuk belajar dan berkarya.

AKRAB: Potret anggota sedang memamerkan karya doodle mereka di acara Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI).

Doodle Art Surabaya ingin memberikan edukasi dan memperkenalkan seni doodle kepada masyarakat. Untuk mencapai visi tersebut, Doodle Art Surabaya telah mengadakan berbagai kegiatan seperti meetup rutin sebulan sekali, sharing session secara online, pamer karya, bedah karya, dan mural. Komunitas ini juga sering bikin workshop untuk umum, jadi siapa pun bisa mencoba bikin doodle tanpa kemampuan atau bakat tertentu.

’’Untuk workshop sendiri, biasanya komunitas akan menunjuk salah seorang member untuk memberikan materi. Workshop sering dilakukan kalau ada tawaran kerja sama dari pihak luar untuk mengisi acara tertentu,’’ tutur Hanifah.

BERKARYA: Pada anniversary pertama, Doodle Art Surabaya mengadakan pameran hasil doodle anggota di Galeri Prabangkara. Pameran diadakan kembali tahun ketiga di Yellow Hotel Surabaya.

Komunitas ini ternyata punya kegiatan tahunan bertajuk Doodle Fest Euforia, lho! Itu merupakan ajang berkarya seni doodle se-Jawa Timur. Kegiatan Doodle Fest meliputi kompetisi doodle untuk anak dan remaja, ekshibisi, live mural, dan sharing session. Nggak hanya itu, ketika memperingati Hari Anak Nasional, Doodle Art Surabaya mengadakan kegiatan menggambar doodle bersama anak-anak difabel.

Member Doodle Art Surabaya juga akan didorong untuk mengikuti kompetisi dan menjual produk kreatif. Hal itu dilakukan agar anggota bisa lebih berkembang, baik dari segi teknik maupun kreativitas. Produk kreatif mereka biasanya dijual dalam open booth ketika ada kerja sama dengan pihak luar. Beberapa memang hanya mengisi waktu luang, tetapi kalau bisa mendapat pasar yang sesuai, ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk menghasilkan uang.

Beberapa kali Doodle Art Surabaya telah berkolaborasi dengan penggiat kreatif di Surabaya. Di antaranya, Leeven & Co, Art Nival, IndiCloth, Narasi.tv, dan masih banyak lagi. Gimana, tertarik buat ikutan? (elv/c12/lai)

 

“Walau Abstrak, Tetap Menarik”

Reporter : Sonia novi
Editor : Agnes Dhamayanti

PERNAH dengar gak sih coretan abstrak? Tapi coretan abstrak kali ini bukan sembarangan. Yaitu sebuah coretan (lukisan) yang ada maknanya. Wah menarik bukan? Yuk simak! (*)

F. Dok. Pribadi

Rivaldo
SMK Al Jabar
@rivaldoo17

Coretan abstrak seperti itu sangat menarik dan unik sekali, dan mempunyai makna tersendiri. Jarang yang bisa membuatnya dan semoga yang lain bisa belajar membuat hal-hal menarik dan unik seperti itu. Agar selalu ada kegiatan yang positif dan memotivasi orang lain untuk berkreasi. (*)

 

F. Dok. Pribadi

M. Fajar Dinul Huda
Politeknik negeri Batam
@fajardinulhuda

Coretan abstrak itu sangat berguna karena di sana kita menuangkan semua ide-ide kita yang kita miliki sehingga menghasilkan sebuah lukisan yang sangat menarik. (*)