Ekonomi & Bisnis

Polibatam Bentuk IAB bagi Prodi Sarjana Terapan LPI

Kiri-kanan bawah: Ozy Diva Ersya, Kepala Seksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pengawasan – Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam; Golan Hasan, Sekretaris Umum – ALFI Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia (ALFI) DPW Kepri); Zaetun, Direktur PT Zona Asia Forwarding; Uuf Brajawidagda; Aldrin Purnomo, Head Of Logistics Department – PT Infineon Technologies; Afir Budiyanto, Sekretaris Umum – Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (ASPERINDO). F. Ist

Kerja Sama British Embassy dan International Labour Organization

batampos.id – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kepri, Politeknik Negeri Batam (Polibatam) bekerja sama dengan British Embassy dan International Labour Organization (ILO) dalam hal pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang logistik, forwarding dan supply chain management.

‘’Untuk itu, dibentuklah komite penasehat dari industri yang dikenal Industrial Advisory Board (IAB) sektor Logistik untuk Program Studi Sarjana Terapan Logistik Perdagangan Internasional (S-Tr.LPI),’’ sebut Direktur Polibatam, Uuf Brajawidagda, ST MT PhD, Senin (13/9/2021).

Uuf melanjutkan, IAB suatu keanggotaan komite dibentuk Polibatam beranggotakan para industriawan/ praktisi berpengalaman dari beberapa Industri, asosiasi profesi maupun lembaga terkait. Tujuannya memainkan peran strategis menjembatani suara industri dalam mewujudkan komitmen menyumbangkan pikiran, gagasan, dan arahan untuk kemajuan pendidikan tinggi vokasi khususnya di Polibatam. Peran penting IAB diharapkan dapat mengakselerasi berbagai program link & match antara dunia Pendidikan Tinggi Vokasi dengan dunia industri, dunia kerja dan dunia usaha meliputi pengembangan kurikulum berbasis kebutuhan industri, keterlibatan industri dalam proses pembelajaran, penelitian dan pengembangan, termasuk penerapan project/problem/product-based learning, magang, rekrutmen, dan sebagainya.

Pembentukan IAB papar Uuf, menjadi langkah awal sinergi yang kuat antara Prodi Sarjana Terapan Logistik Perdagangan Internasional dengan mitra industri dan pemerintah dimasa yang akan datang. Diharapkan sinergi antara IAB dan Prodi Sarjana Terapan Logistik Perdagangan Internasional dapat mendukung pengembangan SDM bidang logistik, forwarding dan supply chain management.

Pengukuhan pembentukan IAB dilaksanakan di Harris Hotel Batam Center, Jumat (10/9/ 2021), dihadiri 13 mitra terdiri dari perwakilan dari Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepulauan Riau; Asosiasi Tenaga Ahli Kepabeanan (ATAK) Batam; Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia (ALFI) DPW Kepulauan Riau; Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO); Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Chapter Batam; PT Cladtek BI-Metal Manufacturing Batam; PT Zona Asia Forwarding; PT Anurika Terang Indonesia; PT Infineon Technologies; PT TEC Indonesia; dan Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam.

HR Manager PT Cladtek BI-Metal Manufacturing, Iban Salda Safwan mengatakan, ini merupakan momen luar biasa, karena sektor pendidikan, industri, serta regulator itu harus bersatu dalam satu wadah. Sehingga bukan hanya industri dan dunia pendidikan saja bisa berkembang, namun Indonesaia secara umum bisa berkembangan menjadi negara yang luar biasa, khususnya dalam bidang logistik dan perdagangan internasional.

Direktur Logistik PT Infineon Technologies, Aldrin Purnomo menambahkan, yang dilakukan Polibatam ini adalah salah satu upaya menjawab tantangan global. IAB ini diharapkan mampu menjawab tantangan kebutuhan sekaligus menaklukkan masa depan.

Aldrin melanjutkan, Polibatam harus bisa memanfaatkan industri bukan hanya untuk kepentingan magang, namun juga untuk meningkatkan value added mahasiswa yang berdampak pada peningkatan nilai tambah juga bagi industri.

Permasalahan SDM pada bidang logistik ini juga diamini Sekretaris Umum ALFI DPW Kepulauan Riau, Golan Hasan. Menurut Golan, Kepri, khususnya Batam, merupakan lokasi sangat strategis bagi dunia logistik, forwarding, dan supply chain management. Namun, permasalahannya adalah kurangnya jumlah dan kualitas SDM di dunia logistik Indonesia.

Golan menyatakan, ALFI DPW Kepri siap membantu Polibatam meningkatkan kualitas pengetahuan mahasiswa mengenai logistik, forwarding, dan supply chain management.

Hal serupa juga disampaikan Perwakilan Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam, Ozy Diva Ersya. Ozy mengatakan siap merangkai kerja sama lebih erat antara Bea Cukai dengan Polibatam.

BACA JUGA: Polibatam Tegakkan Nilai ACTION di Lingkungan Kampus

Ketua Harian Asosiasi Tenaga Ahli Kepabeanan (ATAK) Batam, Fred Azwansah, berterimakasih kepada Polibatam, khususnya Prodi Sarjana Terapan Logistik Perdagangan Internasional, sudah memberikan kepercayaan untuk menjadi bagian dari IAB.

ATAK sangat mendukung program-program yang akan dijalankan dan siap memberikan sumbangsihnya terkait ilmu-ilmu tentang kepabeanan. Karena ilmu kepabeanan ini sangat berguna bagi dunia logistik perdagangan internasional.
Fred berharap prodi ini bisa mempersiapkan dan melahirkan tenaga-tenaga kerja siap pakai di bidang logistik khususnya di kepabeanan.

Polibatam berkomitmen terus membangun kemitraan dengan dunia industri, dunia kerja dan dunia usaha. Mendukung pemenuhan kebutuhan SDM dan daya saing di Batam, Kepri khususnya, dan Indonesia umumnya. (*)

Reporter: Suprizal Tanjung
Editor: Suprizal Tanjung