Sport

Tereliminasi dari Piala Sudirman, Hafiz/Gloria Bidik Turnamen Sisa

Ganda campuran Indonesia Hafiz/Gloria. (F. jawapos.com)

batampos.id – PP PBSI telah merilis skuad Piala Sudirman 2021. Ini dilakukan karena kemarin merupakan batas terakhir pendaftaran peserta. Dalam skuad tahun ini, PBSI memilih 20 pemain. Mereka terdiri dari 11 atlet putra dan sembilan atlet putri.

Rinciannya, tiga tunggal putra, tiga tunggal putri, tiga pasang ganda putra, dua pasang ganda putri, dan dua pasang ganda campuran. Ada beberapa nama baru yang masuk skuad. Yaitu Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Terpilihnya Rinov/Pitha cukup mengejutkan. Sebab, mereka berhasil menggeser seniornya, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky mempertimbangkan hasil Rinov/Pitha yang berhasil menjuarai Spain Masters 2021 lalu.

“Secara teknis dan kemampuan juga mereka bagus dan saya rasa mereka sudah siap untuk turun di ajang beregu,” kata Rionny dalam keterangan resminya kemarin.

Dalam pertandingan simulasi (7/9) lalu, Rinov/Pitha kalah dari Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela. Namun, Rionny tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

“Memang ada pemain yang tidak menang di simulasi tapi secara permainan mereka sudah sangat baik. Tidak mengecewakan. Itu jadi penilaian kami juga,” ujarnya.

BACA JUGA: Malaysia Open 2021 Ditunda, Kans Hafiz/Gloria Makin Tipis

Asisten pelatih Nova Widianto mengatakan ada pertimbangan sendiri memilih Rinov/Pitha. Yang paling menentukan adalah, hasil mereka di Spanyol pada Mei lalu. Karena itu, dia memutuskan membawa Rinov/Pitha untuk mendampingi Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

“Sebelum Olimpiade banyak turnamen yang batal. Kami lihat hasil (turnamen) terakhir untuk Rinov/Pitha. Kemudian (performa) Hafiz/Gloria yang lagi menurun,” kata Nova kepada Jawa Pos.

Penampilan Hafiz/Gloria memang belum membaik sejak Asian Leg pada Januari lalu. Mereka pun gagal lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 karena tidak masuk delapan besar kualifikasi. Pada turnamen kualifikasi terakhir Swiss Open 2021, mereka bahkan langsung tersingkir pada babak pertama.

“Kami juga harus berani menampilkan pemain muda di ajang penting seperti Piala Sudirman ini,” kata peraih perak Olimpiade Beijing 2008 itu.

Sementara itu Gloria menerima semua keputusan pengurus tersebut. Meski, dia sebenarnya sangat ingin masuk dalam tim Piala Sudirman 2021. “Tapi semua keputusan kan ada di tangan pelatih dan pengurus PBSI. Jadi, kami mengikuti sesuai keputusan yang sudah ada. Pasti sudah ada pertimbangan masing-masing,” kata Gloria saat dihubungi kemarin.

Hafiz/Gloria tidak patah semangat. Mereka membidik kejuaraan berikutnya untuk membuktikan diri. Seperti Denmark Open 2021 dan German Open 2021. Dan yang tidak kalah penting adalah Asian Leg di Bali pada November mendatang. “Saya ingin memberikan hasil yang terbaik dan maksimal untuk menutup tahun ini dengan baik. Sisa turnamen juga tidak banyak,” imbuhnya. (*)

Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021

  • Tunggal Putra : Putra Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, Shesar Hiren Rhustavito
  • Tunggal Putri : Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri) Putri Kusuma Wardani (tunggal putri) Ester Nurumi Tri Wardoyo
  • Ganda Putra : Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  • Ganda Putri : Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti
  • Ganda Campuran : Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung