Bintan-Pinang

Masuk Musim Hujan, Plt Bupati Bintan Pimpin Apel Siap Siaga Bencana

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengecek kesiapsiagaan personel dalam apel kesiapsiagaan bencana di halaman Kantor Bupati Bintan, Rabu (15/9) pagi. F.Diskominfo Bintan

batampos.id– Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan memimpin apel kesiapsiagaan bencana di halaman Kantor Bupati Bintan, Rabu (15/9) pagi. Dalam sambutannya, Roby menuturkan bahwa apel kesiapsiagaan bencana dilakukan sebagai bentuk respon pemerintah daerah guna mengantisipasi kejadian bencana.

BACA JUGA: BNPB Maksimalkan Penanganan Darurat Pascabencana

Dikatakannya juga bahwa berdasarkan rilis dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, prospek hujan beberapa bulan ke depan diperkirakan akan semakin meningkat setiap bulannya dengan puncaknya diperkirakan di bulan November hingga Desember 2021 di seluruh wilayah Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Bintan.

Dia juga mengintruksikan kepada para camat, lurah/kepala desa yang berada di kawasan rawan bencana untuk proaktif dan meningkatkan kewaspadaan.

Caranya dengan melakukan langkah-langkah penanganan awal serta selalu berkoordinasi dengan jajaran Polsek dan Danramil, Babinsa, Babinkamtibmas dan relawan  di wilayahnya, dan melaporkan setiap kejadian secara cepat dan tepat.

Menurutnya juga bahwa Kabupaten Bintan berdasarkan hasil kajian merupakan daerah yang memiliki tingkat kerawanan dan tingkat resiko serta potensi yang tinggi terhadap bencana seperti banjir, tanah longsor, cuaca ekstrem, puting beliung serta kebakaran lahan dan hutan yang bisa terjadi sewaktu waktu.

Untuk menyikapi hal itulah, pemerintah daerah mengajak seluruh pihak terkait dan lembaga swadaya masyarakat dalam hal kesiapsiagaan, untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin guna meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana serta yang terpenting adalah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dan usaha penanggulangan bencana. (*)

Reporter : SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul