Bintan-Pinang

 Tunggu SE Gubkepri, Disdik Tanjungpinang Siap Buka Pembelajaran Tatap Muka

pelajar SD saat belajar tatap muka. (f.cecep/batampos.id)

batampos.id– Persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk siswa tingkat SMP di Tanjungpinang saat ini hanya menunggu surat edaran (SE) dari Gubernur Kepri, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang mengaku sudah siap melaksanakan pembelajaran di sekolah.

BACA JUGA: Tunggu Perintah Gubernur, Kadisdik Kepri : SMA/SMK Siap Belajar Tatap Muka

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Saparilis mengaku untuk persiapan PTM tingkat SMP pada 1 Oktober 2021 mendatang sudah sangat siap, bahkan jauh sebelum itu pihaknya juga sudah mempersiapkan dengan baik.

“Sekarang sambil menunggu, Disdik akan melengkapi persyaratan seperti vaksinasi guru dan anak,” kata Saparilis, ke Batam Pos, Rabu (15/9).

Saat ini vaksinasi sudah rutin dilakukan setiap hari untuk mengejar target, capaian vaksinasi guru sudah mencapai 90 persen, sementara sisanya memang terhalang alasan kesehatan, sakit atau sedang hamil, sedangkan untuk vaksin pelajar juga sedang digesa yang tersisa hanya memang belum boleh divaksin dan belum mendapat izin dari orang tua.

“Kita lakukan pendekatan ke orang tua, yang tidak mengizinkan anaknya divaksin, karena bel sepaham,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Saparilis juga harus ada surat persetujuan orang tua, karena hingga sekarang masih ada walk murid yang belum mengizinkan anaknya belajar di sekolah. “Itulah yang sekarang kita usahakan, jangan sampai ada perbedaan lagi, ada yang mengizinkan ada yang tidak,” terangnya.

Saparilis menerangkan saat setelah menerima edaran dari gubernur dan diperkuat edaran wali kota, pihaknya akan bermusyawarah dengan pihak terkait termasuk dewan pendidikan untuk mendengarkan masukan selanjutnya disampaikan ke pihak sekolah.

“Sekarang memang kita harus lakukan tatap muka, karena laporan dari guru hasil pembelajaran secara daring memang jauh berbeda, apalagi pelajaran hitung-hitungan,” paparnya.

Terpisah, Koordinator Protokol Kesehatan (Prokes) Satgas Covid-19 Kota Tanjungpinang, Surjadi menjelaskan saat ini pihaknya besama dinas pendidikan dan kesehatan sudah berkoordinasi bersama orang tua siswa, ada beberapa hal yang dievaluasi sampai PTM dilaksanakan.

“Kita dorong penerapan prokes dengan maksimal, jangan sampai menjadi pemicu baru penularan,” ujarnya. Dengan prokes yang ketat dan menjalankan mekanisme dengan baik sesuai kapasitas yang sudah ditentukan PTM bisa berjalan dengan baik. (*)

Reporter : Per Irawan
editor: tunggul