Bintan-Pinang

5 Hektare Lahan di KM 14, Tanjungpinang Terbakar

Petugas DPKP Kota Tanjungpinang saat memadamkan kebakaran lahan di Kilometer 14, Jumat (17/9) malam. f.DPKP Tanjungpinang

batampos.id– Lahan seluas 5 Hektare (Ha)  dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ganet, Kilometer (Km) 14, Tanjungpinang Timur ludes akibat kebakaran yang terjadi pada Jumat (17/9) malam. Diduga kebakaran terjadi akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab saat akan membuka lahan dengan cara dibakar.

BACA JUGA:  Lahan di Kampung Sukadamai, Tanjunguban Terbakar

Kepala Sesi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang, Deri Ambari menjelaskan, awalnya api sudah dapat dipadamkan pukul 16.00 WIB, kemudian api kembali menyala dengan volume yang lebih besar pukul 17.30 WIB dan berhasil dipadamkan pukul 20.00 WIB.

“Dengan menggunakan tiga mobil armada, api berhasil dipadamkan sekitar jam 8 malam,” kata Deri, Minggu (19/9).

Deri menjelaskan pihaknya menjaga agar api tidak merambat sampai ke TPA yang letaknya tidak jauh dari lokasi kebakaran karena dinilai berbahaya, karena sampah mengandung zat kimia berbahaya dan barang mudah terbakar lainnya.

“Kita menghindari agar api tidak sampai ke TPA karena mengandung bahan kimia,” ujarnya. Deri menyebutkan karena lokasi kebakaran itu berada di atas bukit sehingga cukup menyulitkan petugas saat pemadaman berlangsung.

Kasi Damkar itu mengimbau kepada masyarakat yang akan membuka lahan, tidak dengan cara dibakar, cukup dibersihkan kemudian sampahnya dibuang. Walaupun sering terjadi hujan, kebakaran tetap mudah terjadi dan berbahaya bagi masyarakat sekitarnya.

“Kami imbau kalau mau buka lahan itu jangan dibakar, karena sangat berbahaya, cukup dibersihkan dan sampahnya dibuang ke TPA jika lokasinya berdekatan,” Imbaunya.

Setidaknya selama 2021 terdapat 100 kasus kebakaran di Tanjungpinang, warga diminta selalu waspada dengan cara memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul