Karimun

Motor dan Pebalap Liar Diamankan Polisi

Belasan Ranmor roda dua yang diamankan saat balap liar diangkut ke atas truk untuk dibawa ke Mapolres Karimun.

batampos.id– Jajaran Polsek Meral, Kabupaten Karimun yang melakukan patroli disekitar kawasan PT Oil Tanking pada Minggu  (19/9) pukul 01.00 WIB, Kecamatan Meral Barat berhasil mengamankan remaja dan kendaraan bermotor (Ranmor) roda dua.

BACA JUGA: Diamankan di Jalan Busung, Lobam, Pembalap Liar Digiring ke Pos Polisi Sambil Dorong Motor Sendiri

”Kita melakukan patroli rutin dan sekaligus menindaklanjuti laporan warga yang resah dengan adanya aksi kebut-kebutan atau balap liar di sekitar PT Oil Tanking. Sehingga, patroli kita fokuskan ke daerah tersebut. Dan, ketika sampai di sana memang ada rombongan remaja sedang berkumpul sambil menyaksikan balap liar,” ujar Kapolsek Meral, AKP Erdinal.

Mengetahui kedatangan tim patroli Polsek Meral, katanya, remaja yang berada di lokasi balap liar berusaha melarikan diri. Dan, pihaknya melakukan pengejaran. Hasilnya, ada 13 unit Ranmor roda dua yang berhasil diamankan bersama dengan para remaja. Remaja yang terjaring dalam patroli tersebut diberikan pengarahan dan pembinaan. Sedangkan, sepeda motornya ditahan dan akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

”Aksi balap liar sudah tentu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Karena dilakukan di jalan umum. Untuk sepeda motornya sudah diserahkan ke Satlantas Polres Karimun untuk ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan, kita berharap dengan penertiban yang dilakukan ini bisa memberikan efek jera agar tidak ada lagi yang melakukan kegiatan yang sama,” ungkapnya.

Ditambahkan Erdinal, sangat disayangkan pelaku aksi balap liar selain remaja, juga banyak yang masih berstatus sebagai pelajar. Karena, masih punya masa depan. Diharapkannya, kepada orang tua agar memperhatikan anaknya. Apalagi, waktu sudah larut malam, tapi tidak berada di rumah. Peran orang tua sangat diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini. (*)

Reporter: Sandi
editor: tunggul