Kepri

Sudah Lebih dari 20 Ribu  Masyarakat Batam Terima Serbuan Vaksinasi Korem 033/Wira Pratama

Warga Batam saat mendapatkan vaksin dosis kedua di Resto Puas Hati, Minggu (19/9). F. Iman Wachyudi/ Batam Pos

batampos.id – Komando Resor Militer (Korem) 033/Wira Pratama (WP) melalui satuan jajaran (Satjar) Vaksinasi Mobile Gurindam 12 Korem 033/WP melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Resto Puas Hati, Minggu (19/9). Kegiatan yang menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepulauan Riau (Kepri), Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Detasemen Polisi Militer (Denpom), Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam ini dilakukan guna mendukung program pemerintah untuk menyukseskan dan mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 di Kepri.

BACA JUGA: Cegah Timbulnya Wabah Penyakit, Korem 033/WP Laksanakan Sabtu Bersih

Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, melalui Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP, Mayor Inf Reza Fahlevi mengatakan kegiatan tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat terbentuknya kekuatan komunal atau herd immunity.

“Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk melindungi diri dan bangsa ini dari pandemi, dengan cara membangun pembentukan kekuatan komunal (herd immunity) melalui serbuan Vaksinasi Mobile Gurindam 12 Korem 033/WP. Kalau ini semuanya sudah divaksin dan semuanya bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik, maka kita segera dapat mengakhiri pandemi Covid-19 dan kita semua bisa hidup normal seperti biasa,” ujar Reza.

Reza menjelaskan untuk vaksin dosis kedua yang diperuntukkan bagi masyarakat umum ini pihak penyelenggara memberikan vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca, Reza juga mengatakan pada pelaksanaan vaksin tersebut pihak penyelenggara tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat, seperti wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, melalui Pjs Kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi juga terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari meskipun sudah divaksin.

“Meski sudah divaksin protokol kesehatan tak boleh kendor. Tetap terapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari dengan demikian kita bisa terhindar dari virus Covid-19,” ujar Reza menyampaikan pesan Danrem 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu kepada masyarakat.

Koordinator Pelaksanaan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Resto Puas Hati Batamcenter, Mona Fitria mengatakan antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin sampai saat ini masih cukup tinggi, pihaknya juga berharap agar masyarakat di Kepulauan Riau lebih sadar akan pentingnya vaksinasi tersebut.

“Harapannya ya semoga masyarakat lebih sadar akan pentingnya vaksinasi Covid-19. Dan yang paling utama adalah semoga pandemi ini segera berakhir agar kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa lagi,” ucap Mona di lokasi.

Pantauan di lokasi, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Resto Puas Hati Batamcentre itu, pihak penyelenggara membagi waktu dalam pelaksanaan di lapangan yakni vaksin jenis Sinovac pada pagi hari dan AstraZeneca pada siang hari.

Sebanyak 5.500 dosis Sinovac dan 6.500 dosis AstraZeneca untuk dosis kedua disiapkan pihak penyelenggara. Kegiatan di mulai sejak pukul 08.00 pagi hingga selesai, yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Sementara, sebanyak lebih kurang sekitar 5.035 peserta telah divaksin jenis Sinovac dan 3000 lebih peserta untuk jenis AstraZeneca dalam pelaksanaan tersebut.

Adapun total secara keseluruhan peserta yang mengikuti vaksinasi Covid-19 sebanyak 20.917 ribu orang. Data tersebut berdasarkan pelaksanaan selama dua hari yang dilaksanakan di resto itu. Data tersebut terdiri dari 9.784 warga Batam yang melakukan vaksinasi pada Sabtu (18/9). Sedangkan pada Minggu (19/9) sebanyak 11.133 orang.

Berdasarkan data dari Korem 033/WP, total secara keseluruhan sebanyak 701.521 orang telah divaksin Covid-19 oleh Mobile Gurindam 12 dengan rincian 456.602 orang dosis pertama dan 244.919 orang dosis kedua di tujuh (7) wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri di antaranya Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Kabupaten Kepulauan Anambas, Lingga dan Natuna. (*)

Reporter: Iman Wachyudi
Editor: tunggul